Pupus Sudah Peluang Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo, Padahal Sudah Kampanye di ATM hingga Politisasi JIS

[PORTAL-ISLAM.ID] Nama Menteri BUMN yang juga merangkap jabatan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir awalnya menjadi kandidat terkuat untuk menjadi Cawapres Prabowo.

Erick sudah habis-habisan kampanye, memasang wajahnya di ATM-ATM Bank BUMN, hingga mempolitisasi stadion JIS.

Namun, kini kandidat terkuat cawapres Prabowo adalah Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini ditandai dengan Partai Golkar yang resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto. 

Keputusan itu dibacakan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Rapimnas Golkar yang berlangsung hari ini, Sabtu (21/10/2023).

Selama beberapa waktu belakangan ini, nama Gibran sering disebut sebagai kandidat terkuat bakal cawapres Prabowo. Selain nama Gibran, juga muncul nama Menteri BUMN Erick Thohir.

Dukungan PAN juga sudah berubah

Nama Erick Thohir awalnya diajukan oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun, PAN diprediksi sekarang mengubah dukungan calon wakil presidennya dari Erick Thohir kepada Gibran Rakabuming Raka untuk mendampingi Capres Prabowo Subianto.

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya selaku Ketua DPP PAN.

"Nama cawapres sudah ada di saku Pak Prabowo. Tunggu saja beliau mengumumkan secara resmi," kata Bima Arya di Kota Bogor, Sabtu, menjawab wartawan apakah PAN berpaling dari Erick Thohir, menyusul keputusan Rapimnas Partai Golkar mengusung Gibran menjadi pendamping Prabowo.

Bima Arya di sela acara Urang Minang Baralek Gadang Bajamba di Balai Kota Bogor, mengatakan PAN belum mengadakan rapat internal partai.

Menurut Bima, Erick Thohir yang PAN usung untuk cawapres, terganjal karena tidak semua partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju mendukungnya.

"Dalam partai ada selain elektabilitas dan akseptabilitas. Walaupun elektabilitasnya tinggi tetapi kalau tidak diterima secara konsensus oleh pimpinan partai ya percuma juga. Itu realitasnya seperti itu. Tidak semua pimpinan partai menyukai Pak ET. Realitasnya seperti itu," katanya.

Zulhas Bertemu Gibran di Jakarta: Bismillah Mas Wali

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rabuming Raka pada Sabtu (21/10/2023).

Pertemuan itu dibagilkan Zulhas melalui akun Instagram resminya @zul.hasan.

"Agar indonesia maju terus, silaturrahmi tidak boleh terputus. Bismillah mas Wali," ujar Zulhas dalam unggahan tersebut.

Gibran terbang dari Solo ke Jakarta menjelang penentuan bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.
Baca juga :