Ahmad Massoud Bersedia Dibantu “Israel” Untuk Melawan Imarah Islam Afghanistan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemimpin perlawanan bersenjata utama Afghanistan yang diasingkan dilaporkan mengatakan dia bersedia mencari bantuan dari “Israel” dalam perjuangan kelompoknya melawan pemerintah Imarah Islam Afghanistan yang berkuasa.

Surat kabar “Israel” Maariv melaporkan pada Selasa (3/10/2023) bahwa Ahmad Massoud, putra komandan terkenal anti-Soviet Ahmad Shah Massoud, mengatakan kepada publikasi tersebut bahwa Front Perlawanan Nasional membutuhkan “bantuan dari pihak mana pun yang ingin mendukung kami, termasuk Israel”.

“Saya pikir kita semua harus bertindak bersama demi kemajuan umat manusia dalam menghadapi kegelapan, terorisme, dan ketidaktahuan,” katanya.

Laporan berbahasa Ibrani tersebut juga menyertakan foto Massoud yang konon diambil oleh Gideon Kouts, yang menulis cerita tersebut. Maariv mengatakan pernyataannya dibuat saat berada di Eropa untuk menggalang dukungan terhadap perlawanannya dan mempromosikan buku baru.

Kata-kata Massoud telah beredar di media Afghanistan, termasuk di media sosial, yang memicu kritik dan ejekan karena penjajahan yang dilakukan “Israel” terhadap warga Palestina dan pelanggaran terhadap tempat-tempat suci umat Islam.

Dalam beberapa jam setelah berita tersebut menjadi viral, Front Perlawanan Nasional mengeluarkan pernyataan di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dengan mengatakan bahwa kelompok tersebut tidak pernah meminta bantuan “Israel”.

“Front Perlawanan Nasional Afghanistan belum berbicara secara spesifik dengan media “Israel” mana pun dan belum ada permintaan bantuan dari negara tersebut. Rumor tentang hal ini sama sekali tidak berdasar dan bias,” tulis unggahan X tersebut, tanpa menyebut nama Maariv atau Massoud secara langsung.

Kouts mengatakan kepada Middle East Eye bahwa Massoud menyampaikan komentar tersebut kepadanya sebagai bagian dari konferensi pers. “Kami juga melakukan pertukaran pribadi singkat setelah konferensi,” katanya.

Menurut Kouts, Massoud mengetahui jurnalis tersebut bekerja untuk Maariv dan bahwa itu adalah organisasi media “Israel”.

Kementerian luar negeri “Israel” menolak mengomentari pernyataan Massoud.

Meski mendapat penolakan, Massoud mendapat kecaman keras.

“Bahkan Jamiat-e Islami, yang ayahnya adalah anggota setianya, secara langsung terinspirasi oleh Ikhwanul Muslimin dan secara inheren bersimpati pada perjuangan Palestina,” Qadeer Popal, seorang jurnalis dan komentator Afghanistan yang dengan cepat menegur Massoud secara online mengatakan kepada MEE.

Popal menunjuk pembangunan replika Masjid Aqsa di Kabul sebagai contoh komitmen rakyat Afghanistan terhadap Palestina.

“Pernyataan tersebut akan semakin mengisolasinya dari unsur-unsur Islam di Afghanistan yang dukungannya sangat penting jika ia berupaya mengklaim wilayah atau legitimasi intra-Afghanistan,” kata Popal.

Baik Imarah Islam Afghanistan yang saat ini dikuasai Taliban maupun bekas pemerintahan Republik Islam yang didukung Barat tidak secara resmi mengakui “Israel”, dan keduanya telah berulang kali menyatakan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina.

Tahun lalu, kepala juru bicara Imarah Islam bertemu dengan para pemimpin Hamas selama perjalanan ke Istanbul. Pertemuan Zabihullah Mujahid pada Oktober 2022 dengan Ismail Haniyeh, pemimpin politik Hamas, dipandang sebagai balasan atas ucapan selamat Haniyeh  kepada Taliban atas kembalinya kekuasaan mereka pada Agustus 2021.

Namun, seorang pejabat Imarah Islam mendapat kecaman tahun lalu ketika dia membuat pernyataan yang tampaknya menggunakan retorika yang sangat mirip dengan komentar Massoud baru-baru ini.

Dalam wawancara dengan Al Jazeera Arab, Muhammad Naeem, juru bicara Taliban, ditanya apakah pemerintahnya akan terbuka untuk hubungan diplomatik dengan “Israel”.

“Masalah apa yang kita hadapi dengan “Israel”? Berikutnya akan ada yang bertanya apakah kita bersedia berdialog dengan Mars,” kata Naeem  menjawab pertanyaan pewawancara. Dia kemudian menarik kembali pernyataannya, dengan mengatakan bahwa kata-katanya telah disalahartikan.

Meskipun memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat, bekas Republik ini beberapa kali menyatakan dukungannya terhadap perjuangan Palestina dan bahkan memberikan bantuan keuangan.

Antara tahun 2014 dan 2019, pemerintah Afghanistan menyumbangkan lebih dari $1,5 juta bantuan kepada pengungsi Palestina dan masyarakat Gaza pada khususnya.

*Foto: Ahmad Massoud berpose di Masjid Agung Paris, 28 September 2023. (Reuters)

Baca juga :