[BREAKING NEWS] Alhamdulillah Ustadz Farid Okbah bebas hari ini

[PORTAL-ISLAM.ID]  Alhamdulillah ustadz Farid Okbah hafidzohullah bebas hari ini, Rabu, 27 September 2023 bertepatan 12 Rabiul Awal 1445 H.

Tampak dalam foto yang beredar di media sosial, Ustadz Farid Okbah saat bebas dari Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Ustadz Farid Ahmad Okbah ditangkap dengan tuduhan terorisme oleh Densus 88 di rumahnya di Yanatera II, Perumahan Bulog, Pondok Melati, Jakarta, pada 16 November 2021.

Selain Ustadz Farid Okbah, Densus 88 juga menangkap dua ustadz lain, yakni Dr. Ahmad Zain An-Najah dan Dr. Anung Hamad. 

Penangkapan tiga ustadz ini menimbulkan kehebohan di masyarakat.

Sebab, selama ini ketiganya dikenal sebagai ustadz yang santun. Dalam berceramah, mereka juga biasa-biasa saja. Sebagaimana banyak ustadz di tanah air, mereka menginginkan Islam dapat mewarnai tanah air dengan cara konstitusional.

"Ceramah-ceramah dan buku-buku yang ditulis ketiga dai itu sepengetahuan saya, tidak ada yang menyuruh aksi terorisme. Mereka memang menginginkan terbentuknya masyarakat yang Islami di tanah air. Tapi bukan negara Islam. Mereka bisa digolongkan da'i yang menyerukan militanisme bukan terorisme," kata seorang warganet.

Ustadz Farid Ahmad Okbah kemudian divonis 3 tahun penjara dalam kasus terorisme pada 19 Desember 2022.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Farid Ahmad Okbah telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana terorisme sebagaimana dakwaan kedua," ujar hakim ketua di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (19/12/2022).

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama tiga tahun," imbuh hakim ketua.

Sosok Ustadz Farid Ahmad Okbah 

Bagi kalangan penuntut ilmu (majelis taklim) ahlul sunnah wal jamaah, boleh dikata mengenal sosok Ustadz Farid Achmad Okbah MA. 

Selepas Shalat Subuh, pendiri dan Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) itu ditangkap tim Densus 88 dengan tuduhan terorisme.

“Saya sadar bahwa hidup ini adalah ujian untuk menentukan kualitas manusia di hadapan Allah,” ujarnya.

Penulis Buku Produktif

Ustadz Farid Okbah selain pendakwah, pembela dan pejuang agama, ia juga dikenal penulis buku yang produktif. Dari tangannya, lahir sejumlah buku. Antara lain 'Ahlussunnah waljamaah dan dilema Syi'ah di Indonesia: fakta & data perkembangan Syiah di Indonesia', lalu ada buku 'Mempersiapkan Kekuatan Umat Islam'.

Tak hanya itu saja, ada juga buku 'Menemukan Kehidupan yang Hilang', ada juga buku 'Hidup Hanya Sekali Jangan Salah Jalan'. Dan beberapa buku lainnya.

Ustadz Farid memang selain pendakwah yang aktif, juga menjadi penulis buku dan kajian ke-Islaman. Karyanya tersebar dan dibaca banyak orang.

Dikenal Antikekerasan

Penangkapan Ustaz Farid juga menimbulkan pertanyaan dari Anwar Abbas. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MUI itu menilai Farid merupakan sosok yang dikenal antikekerasan.

Karena itu, dia mempertanyakan Densus 88 dalam penangkapan Farid. Bila Densus 88 yang bergerak sudah pasti berkaitan dengan terorisme.

"Pertanyaan saya tindakan apa yang telah dilakukan oleh Farid Okbah yang terkait dengan terorisme sebab sepanjang pengetahuan saya yang bersangkutan adalah seorang ulama yang anti-dengan tindak kekerasan tapi kok dia ditangkap oleh Densus 88?" kata Anwar Abbas dalam keterangannya, Selasa (16/11/2021).

Baca juga :