Alhamdulillah... Arab Saudi meneken kesepakatan dengan perusahaan pertahanan Turki untuk memproduksi drone lokal

[PORTAL-ISLAM.ID]  Arab Saudi menandatangani perjanjian strategis dengan perusahaan pertahanan Turki Baykar Tech untuk melokalkan pembuatan drone di kerajaan itu, demikian yang diposting oleh Industri Militer Arab Saudi (SAMI) milik negara di Twitter, pada hari Minggu (6/8/2023).

Perjanjian tersebut “akan meningkatkan peran SAMI dalam mendukung industri pertahanan nasional dan memperkuat kemampuan lokal kami,” kata SAMI.

Sebelumnya pada bulan Juli, Arab Saudi setuju untuk membeli drone Turki dari Baykar dalam kontrak pertahanan terbesar dalam sejarah Turki.

Investasi dan pendanaan dari Teluk telah membantu mengurangi tekanan pada ekonomi Turki dan cadangan mata uangnya sejak 2021, ketika Ankara meluncurkan upaya diplomatik untuk memperbaiki hubungan dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Turki telah berselisih selama bertahun-tahun dengan kedua negara Teluk tersebut terkait dukungan Ankara terhadap gerakan pro-demokrasi di Timur Tengah dan Afrika Utara serta pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2018.

👇👇
Baca juga :