Rizal Ramli Diganti Setelah Hentikan Reklamasi

[PORTAL-ISLAM.ID] Rizal Ramli yang terus kritis terhadap pemerintahan Jokowi kerap dibully oleh gerombolan BuzzeRp sebagai 'Menteri Pecatan'.

Menanggapi bullyan BuzzeRp, Rizal Ramli membalas dengan jejak digital penyebab dia dicopot oleh Jokowi.

👇👇

Rizal Ramli Diganti Setelah Hentikan Reklamasi

Reshuffle Kabinet Kerja jilid II dinilai mengakomodasi kepentingan politik karena kental dengan nuansa pragmatis. Ini terlihat dari beberapa nama yang 'terpental' dari kursi menteri di luar dugaan, misalnya saja Rizal Ramli dan Anies Baswedan.

"Sulit menyebut keduanya keluar karena faktor kinerja, khususnya Rizal Ramli. Peranannya dalam setahun terakhir cukup menonjol," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti kepada Republika.co.id, Rabu (27/7/2016).

Bahkan, kata dia, pada tingkat tertentu, Rizal telah menyelamatkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari kesulitan politik. Ray mencontohkan, soal blok Masela. Debat opini soal apakah blok tersebut dikelola lewat metode off atau on shore akhirnya selesai dengan ditetapkannya keputusan sesuai dengan pandangan-pandangan Rizal.

Situasi yang sama terjadi dalam kasus reklamasi Teluk Jakarta. Rizal telah menghentikan proyek tersebut meski mendapat tantangan dari Gubernur Basuki Tjahaja Purnama

"Rizal menyelesaikan masalah reklamasi dengan tepat dan pada akhirnya menyelesaikan pro-kontra panas izin reklamasi," ujarnya. 

Dalam dua kasus itu, Ray menilai Rizal mampu melakukan tugasnya dengan baik. 

Ray mengatakan kalau memang pertimbangannya berdasarkan kinerja, maka Amran Sulaiman dan Puan Maharani lebih tepat diganti. Sebaliknya, pergantian Rizal, Anies, dan Jonan, semata karena kepentingan akomodasi dan pragmatisme politik. 

"Ketiga orang ini tak memiliki partai, pun tak punya kekuatan melakukan penggalan dukungan politik. Peminggiran mereka menunjukan bahwa Jokowi masuk lebid dalam ke pelukan parpol," kata Ray.


Baca juga :