3 Ketum Parpol Koalisi Pengusung Anies Baswedan Berkumpul di Kepulauan Seribu Milik Surya Paloh, Demokrat Ungkap Isi Pembicaraan

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Tiga partai politik Koalisi Perubahan untuk Persatuan berkumpul di Pulau Kaliage, Kepulauan Seribu, pada 26 Mei lalu. 

Koalisi yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden ini terdiri atas Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengungkapkan isi pembicaraan dalam persamuhan tersebut. 

Dia menjelaskan, koalisinya sama-sama melihat adanya indikasi dari penguasa yang berupaya melakukan segala cara agar Anies tidak maju sebagai calon presiden. 

“Adanya indikasi, upaya penguasa akan melakukan segala cara untuk membuat bacapres Anies tidak berlayar,” kata Riefky saat dihubungi, Rabu, 31 Mei 2023.

Upaya menghambat Anies ini, kata Riefky, dilakukan dengan cara dan sumber daya apa pun. Termasuk dengan mengganggu tiga parpol anggota Koalisi Perubahan.

Selain itu, Riefky mengatakan pertemuan di Kepulauan Seribu itu turut menghasilkan kesepakatan bahwa Koalisi Perubahan akan tetap solid dan guyub. 

Menurut dia, untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang ingin perubahan, maka koalisi ini harus bisa berlayar. 

“Tentunya dengan cara-cara yang kami tempuh adalah secara konstitusional, sesuai hukum, dan berlandaskan pada ideologi Pancasila, UUD 1945, dan NKRI,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumpulkan para Ketua Umum parpol Koalisi Perubahan untuk Persatuan serta sejumlah pengurusnya. Persamuhan ini digelar di Kepulauan Seribu milik Surya Paloh pada Jumat, 26 Mei 2023 lalu.

Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf mengatakan pertemuan tersebut mendiskusikan masa depan koalisi. 

“Pertemuan pekan lalu di lokasi Kepulauan Seribu milik Pak Surya. Membicarakan banyak hal terkait koalisi,” kata Muzammil saat dihubungi, Rabu, 31 Mei 2023.

Ia menegaskan bahwa koalisi yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden ini tetap solid dan guyub. Dalam waktu dekat, kata dia, Koalisi Perubahan bakal mendapuk pendamping (cawapres) bagi Anies. 

“Mudah-mudahan segera terwujud pasangan calon dari 3 partai koalisi,” kata dia.

Selain Surya Paloh, pertemuan itu turut dihadiri oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY serta Ketua Umum PKS Ahmad Syaikhu. 

Selain itu, ada pula sejumlah anggota tim 8 Koalisi Perubahan. Di antaranya Teuku Riefky dari Demokrat, Sohibul Iman dari PKS, Sugeng Suparwoto dari NasDem, serta koordinator tim Anies, Sudirman Said.

Baca juga :