Naniek S Deyang: Rakyat berharap Jokowi netral di Pilpres 2024, Jangan malah bikin gaduh

Catatan Naniek S Deyang:

Lagi ramai semua menyoroti peran pemerihtah (cq Pak Jokowi) dalam Pilpres 2024. Dari kemarin saya membaca-baca di media massa, di medsos, semua orang berharap agar Pak Jokowi netral dan tidak cawe-cawe dalam urusan Pilpres tahun 2024.

Dalam masa jabatan yang tinggal hanya sekitar 10 bulan lagi ini, Pak Jokowi diharapkan bisa netral. Saya kira ini harapan yang masuk akal dari rakyat. Biarlah raktat memilih tanpa intervensi. Apalagi sampai ada upaya untuk memenangkan pihak tertentu.

Meski pejabat publik sekaligus politikus (itu alasan Pak Jokowi untuk cawe-cawe dalan urusan Pilpres), kalau menurut saya memang sebaiknya tidak ikut-ikutan dalam pertarungan untuk mencari penggantinya.

Sungguh ini memerlukan kearifan, kebijakan, dan kesadaran tinggi, untuk tidak ikut cawe-cawe karena yang harus diingat, jabatan ada batasnya, namun hak rakyat sebagai pemberi mandat tidak ada batasnya. 

Satu hal yang harus disadari semua, negara ini butuh perdamaian agar bisa membangun dengan baik, jangan sampai sikap "cawe-cawe" ini justru akan membuat negara terus menerus gaduh dan akhirnya saling hantam antar rakyat. 

(*)
Baca juga :