Laporan Committee to Protect Journalists: Israel Telah Membunuh 20 Jurnalis, Tak Ada yang Diadili

[PORTAL-ISLAM.ID]  Israel telah membunuh setidaknya 20 jurnalis di Tepi Barat, Gaza, dan di wilayah “Israel”  dalam 20 tahun terakhir – tanpa harapan akan keadilan apa pun, menurut Komite untuk Melindungi Jurnalis (Committee to Protect Journalists/CPJ), dalam laporan yang dipublikasikan pada Selasa (9/5/2023).

Dua hari sebelum peringatan kematian Shireen Abu Akleh, CPJ telah merilis laporan baru yang pedas berjudul ‘Pola Mematikan: 20 jurnalis tewas oleh tembakan militer Israel dalam 22 tahun. Tidak ada yang dimintai pertanggungjawaban.’ 

Deadly Pattern: 20 journalists died by Israeli military fire in 22 years. No one has been held accountable

Sejak 2001, 18 warga Palestina dan dua jurnalis internasional telah dibunuh oleh tembakan militer “Israel” dan tidak ada yang diadili.

“Selama 22 tahun, CPJ telah mendokumentasikan setidaknya 20 pembunuhan jurnalis oleh anggota Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Meskipun banyak penyelidikan IDF, tidak ada yang pernah dituntut atau bertanggung jawab atas kematian ini.”

Wartawan di lapangan menghadapi pembatasan ketat atas kebebasan bergerak mereka, menjadi sasaran langsung di zona konflik dan menghadapi pelecehan terus-menerus oleh pasukan pendudukan.

“Wartawan Palestina sebagian besar terbatas pada pelaporan di mana mereka tinggal – seringkali di tempat-tempat kekerasan besar,” jelas CPJ.

“Mereka sering berada di awal untuk meliput operasi militer “Israel” di kota-kota mereka, menjadi mata dan telinga pertama pada peristiwa yang dengan cepat menjadi berita dunia.”

Tentara “Israel”, sebagai tanggapan, mengatakan “secara teratur memeriksa dan menyelidiki tindakannya melalui mekanisme inspeksi dan investigasi yang independen dan mendalam”.

“Israel”, menurut tentara, adalah “negara demokratis yang berkomitmen pada supremasi hukum.”

Tapi ketelitian “Israel” saat menyelidiki pembunuhan warga Palestina – baik jurnalis atau penduduk lokal – sangat bergantung pada tekanan internasional, menurut CPJ.

“Ada penyelidikan sepintas atas kematian wartawan dengan paspor asing, tetapi jarang terjadi pada wartawan Palestina yang dibunuh. Pada akhirnya, tidak ada yang melihat persamaan keadilan,” kata Sheri Mansour, Koordinator Timur Tengah CPJ.

Palestina berada di peringkat 156 dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia, menurut Reporters Sans Frontieres. (arrahmah.id/CPJ)

Baca juga :