Bagus juga Standar Laku Gibran

Bagus juga Standar Laku Gibran

Oleh: Erizal

Jangankan acara Prabowo, acara Anies Baswedan pun didatangi Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Sebetulnya, Gibran punya standar moral yang bagus sebagai pejabat daerah, yang daerahnya dipakai buat kegiatan.

Tak peduli pihak yang dianggap kawan atau lawan. Keduanya diperlakukan sama. Bahkan, Rocky Gerung pun, yang saban hari mengkritik rezim Jokowi, tanpa canggung didatangi Gibran, mendengarkan masukan atau kritikan.

Apa karena Gibran anak Jokowi, sehingga tak ada yang ditakutkan? Bisa ya, bisa tidak. Sebab banyak juga anak pejabat yang lagaknya malah lebih pejabat dari bapaknya. Jadi, faktor laku atau karakter Gibran sendiri juga berpengaruh.

Wajar saja, elit PDIP menjadi empot-empotan menghadapi laku atau langkah politik Gibran tersebut. Terutama, elit tua atau elit lama yang kerap berpikir hitam-putih. Bagi mereka kawan dan lawan disikapi secara tegas dan berbeda.

Apalagi adik Gibran, Kaesang Pangarep, ke mana-mana sudah pakai baju kaos bergambar Prabowo. Presiden Jokowi juga tak kunjung tegas mengumumkan dukungan buat Ganjar di hadapan relawan. Katanya, Ojo kesusu, melulu.

Arah dukungan Jokowi, termasuk Gibran dan Kaesang, bahkan Bobby Nasution sekalipun, akan terus disorot. Barangkali hanya Kaesang yang belum terlalu identik masuk PDIP. Laku Gibran yang cukup konsisten, seperti oase di tengah kebekuan perkubuan politik yang kukuh.

(*)
Baca juga :