UCAPAN SELAMAT IDUL FITRI DARI PKI

SALAM IDULFITRI KEPADA RAKJAT INDONESIA JANG BERAGAMA ISLAM

Oleh: D.N. Aidit

HARI RAJA IDUL FITRI tahun ini dirajakan dalam suasana persatuan nasional jang lebih berisi daripada tahun-tahun jang lalu.

Ini adalah berkat politik Front persatuan jang didjalankan setjara tepat dan konsekwen oleh partai-partai dan pemimpin-pemimpin Indonesia.

Diluar kemauan Rakjat Indonesia, sampai sekarang masih ada sadja orang-orang jang tidak bertanggungjawab pada hari depan tanah air dan Rakjat Indonesia jang berusaha menaburkan bibit perpetjahan dengan menggunakan sentimen keagamaan untuk kepentingan exploitasi imperialisme asing di lapangan pertambangan, minjak, timah, perkebunan, bank, transport, dsb. 

Tetapi tradisi persatuan, kebutuhan Rakjat jang objektif akan persatuan dan usaha-usaha untuk persatuan adalah djauh lebih besar dan lebih kuasa daripada pedagang-pedagang agama dan penghasut-penghasut jang berkepala panas ini.

Hendaknja Hari Raja Idul Fitri tahun ini bagi Rakjat Indonesia jang beragama Islam akan merupakan peristiwa jang lebih mendorong mereka untuk lebih mengeratkan persatuannja dengan saudara-saudaranja jang beragama lain dan dari kejakinan politik lain.

Kemenangan Rakjat Indonesia dalam perdjuangan untuk kebebasan nasional dan untuk perubahan-perubahan demokratis adalah degan sendirinja djuga kemenangan Rakjat Indonesia jang beragama Islam. Inilah sebabnja, mengapa kaum komunis mempertahankan mati-matian pendirianja, bahwa tidak ada sjarat-sjarat objektif jang mengharuskan permusuhan antara berbagai aliran agama dan kejakinan politik.

Dengan pengharapan inilah Partai Komunis Indonesia menjampaikan selamat Hari Raja Idul Fitri kepada seluruh Rakjat Indonesia jang bergama Islam.

Djakarta, 31 Mei 1954


Baca juga :