Ternyata Tubuh Manusia Ada Jam Biologisnya, Dan Sesuai dengan yang Dianjurkan Rasulullah

Ternyata memang Tubuh Manusia ada jam biologisnya

Dan sesuai dengan yang dianjurkan Rasulullah....

1. Paru-paru 
Pada jam 03.00-06.00 paru-paru siap bekerja untuk mendapatkan oksigen yg optimal. Bangun di subuh hari, bergerak, berjalan, oksigen memasuki paru-paru yg pada saat ini regangan paru optimal, terjadi pembuangan toksin. Ini adalah jam terbaik untuk sholat tahajud. Pada saat melakukan sujud, darah yg kaya akan oksigen akan mudah dialirkan ke otak. 

2. Usus Besar 
Pada jam 06.00-07.00, usus besar dalam kondisi kuat. Biasakanlah untuk buang air besar di jam ini agar dan sisa metabolisme dapat dikeluarkan. 

3. Lambung 
Pada jam 07.00-09.00 kerja lambung sedang optimal, sehingga dianjurkan untuk sarapan pada waktu ini. Sistem pencernaan pada kondisi paling efisien karena metabolisme lebih aktif, sehingga lemak yg diserap lebih mudah terbakar. 

4. Jantung 
Pada jam 11.00-13.00 hindarilah panas berlebih dan olahraga, terutama jika ada penyakit di jantung dan pembuluh darah. Sistem imunitas tubuh menurun karena sel darah putih yg bertugas melawan infeksi kurang aktif. Saatnya istirahat untuk tidur siang. Rasulullah SAW besabda, "Tidurlah qailulah (tidur siang), karena setan tidaklah mengambil tidur siang." (HR. Abu Nu'aim, Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan). 

5. Hati 
Pada jam 13.00-15.00 kondisi hati sedang lemah sehingga dianjurkan untuk istirahat, karena pada jam ini akan terjadi proses regenerasi sel hati. Prioritas tubuh yg utama mencerna makanan, sehingga lazim mengantuk. 

6. Adrenal/Anak Ginjal 
Pada jam 15.00-17.00 hormon adrenalin dan suhu tubuh berada pada kondisi paling tinggi. Saat inilah waktu paling tepat untuk berolahraga. Jam ini paru-paru berfungsi maksimal. 

7. Ginjal 
Pada jam 16.00-19.00, ginjal manusia dalam kondisi kuat, pada ginjal terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Dan jam ini merupakan jam terbaikmu untuk belajar. 

8. Lambung & Usus Halus 
Pada jam 19.00-21.00 kondisi lambung sedang lemah. Lebih baik jika tidak makan. Saatnya saluran cerna usus menyerap nutrisi pada malam hari. 

9. Limpa 
Pada jam 21.00-23.00 limpa manusia pada kondisi lemah, terjadi proses degradasi sel darah merah yg tua serta pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. 

10. Jantung 
Pada jam 23.00-01.00 kondisi jantung sedang lemah. Dan ini adalah jangka waktu yg tepat untuk istirahat agar memulihkan energi tubuh. 

11. Hati 
Pada jam 01.00-03.00 hati dalam kondisi kuat serta terjadinya regenerasi sel. Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi sebaiknya tidur pada jam ini. 

(Sumber: dr. Zaidul Akbar @tipsjsr)
Baca juga :