Israel Adalah Penjajah

Body
Israel Adalah Penjajah

By TERE LIYE

Sorry buat yang baper, tapi sejak saya mulai aktif menulis di media-media, aktif merilis tulisan, saya telah membuat kesimpulan: Israel adalah penjajah.

Dan Israel adalah penjajah AKTIF.

Belanda, Portugal, Inggris, Jepang adalah penjajah, dulu. Sekarang? Tidak lagi. Tapi tidak mengurangi fakta mereka pernah menjajah. Atau jika masih ada kawasan yang diributkan, bermasalah, setidaknya solusinya sudah ada. Apakah AS, China, juga menjajah dalam bentuk penjajahan lainnya? Penjajahan ekonomi? Well, itu bisa debat panjang.

Israel? Tidak. Israel benar-benar adalah penjajah AKTIF. Tidak perlu genius untuk melihat fakta ini.

Apakah Israel tertarik dengan konsep 2 negara? Damai? Palestina dan Israel berdiri bersama-sama? No way. Bagi elit Israel dan juga sebagian besar rakyatnya, Palestina harus hilang dari muka bumi. Budaya, negara, apapun itu yang tersangkut dengan Palestina harus dimusnahkan.

Israel adalah benar-benar penjajah aktif yang terus menjajah.

Nasib buat dunia hari ini adalah, mereka pakai standar ganda. Mereka tahu persis jika Israel itu penjajah, tapi mereka memakluminya. Jika semua orang mau bersikap adil, maka Israel akan di banned di semua kegiatan internasional. Termasuk sepak bola. Karena Israel adalah penjajah aktif. Bukan hanya soal Piala Dunia U-20. Ujung ke ujung, Israel seharusnya di banned. Olimpiade, badminton, dll. Hingga mereka mau menghentikan agresinya, lantas berunding, damai, ada solusinya dengan Palestina.

Kok bisa negara penjajah dibiarkan berkeliaran dalam event-event internasional? Standar ganda inilah yang bikin repot, rumit, dimana-dimana. Penjajah kok dimaklumi.

Saya penulis, saya berdiri di atas prinsip yang saya yakini. Sorry, saya tidak tertarik sentimentil, drama, lebay, dll.

Kamu mau mendukung Israel silahkan. Monggo. Kamu mau berhenti baca tulisan-tulisan, berhenti baca buku-buku Tere Liye gara-gara prinsip saya? Silahkan. Bahkan jika Facebook dan Instagram mau mem-banned page saya, juga silahkan. Toh, sudah pernah ini mereka ban page saya gara-gara tulisan ttg Palestina.

Dan sorry, saya malas debat panjang soal ini. Israel adalah penjajah.

*Tere Liye

(fb)
Baca juga :