Cikal Bakal Kepemimpinan Anies, Kelas 5 SD Sudah Buat Organisasi dan Jadi Ketua

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kepemimpinan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan suda teruji sejak masih di bangku SD. Karena itu, tidak heran jika Anies memiliki sifat leadership yang hebat.

Melalui podcast di kanal Youtube Saeful Zaman bertema ‘NGOBROL SERU BARENG ANIES | KELAS V SD Anies Sudah Buat Organ Sendiri yang tayang pada Sabtu, 25 Februari 2023, Anies menceritakan pernah menjadi ketua di sebuah organisasi yang dibentuk bersama teman-temannya.

Awalnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menceritakan kesibukan saat masih sekolah. Layaknya, anak-anak SD lainnya, Anies mengayuh sepedanya setiap pagi untuk sampai di sekolahnya.

Dia juga melakukan aktivitas kegiatan belajar bersama dengan teman-teman sebaya, bermain, hingga menjaili orang lain. Di masa kecil, Anies memang dikenal sebagai anak yang mudah bergaul dan memiliki banyak teman.

Kemudian, saat itu Anies yang masih tinggal di Desa Karangwuni, Jalan Kaliurang, Yogyakarta bersama teman-teman lainnya membuat sebuah organisasi bernama Kelabang (Kelompok Anak Berkembang).

Usia Anies kala itu masih sangat belia yakni kelas 5 SD. Namun, jebolan UGM ini mampu membentuk sebuah organisasi yang langsung diketuai olehnya.

“Saya ketuanya waktu itu, kemudian saya ya ngatur sederhana lah di situ. Itu pengalaman pertama organisasi,” kata Anies dikutip KBA News, Selasa, 28 Februari 2023.

Anies menjelaskan di organisasi ini, dia bersama teman-temannya melakukan berbagai aktivitas mulai olahraga hingga kegiatan keagamaan.

Dia menambahkan, tidak hanya anak-anak SD, anggota di organisasi tersebut juga ada yang sudah menempuh pendidikan menengah yaitu SMP. “Semua (anggotanya) anak-anak SD-SMP di kampung kita,” ujarnya.

Hal yang mendasari dia membentuk organisasi ini, katanya, dia ingin membuat sebuah sekolah sepak bola dan badminton meski masih dalam skala kecil.

“Jadi waktu itu gini, saya ingin bikin klub sepak bola, klub badminton, dan pelatihan sepak bola kita cari pelatih. Jadi sekolah-sekolah kecil gitu untuk kita semua main bersama-sama,” terang Anies.

Lawan bicaranya pun, Saeful Zaman tidak menyangka seorang anak di usai yang masih sangat kecil mampu mengorganisasi teman sebayanya. Hal itu terlihat dari ke kaguman Saeful yang berkali kali memastikan kelas berapa Anies membuat organisasi tersebut.

“Saya mastiin lagi pak, itu kelas 5 SD ? nggak habis pikir,” kata Saeful sambil tertawa. [kbanews]
Baca juga :