Tere Liye: Saatnya REVOLUSI PERJALANAN HAJI, Buka Tender Pesawat Semua Maskapai, Jangan Cuma Garuda Yang Memang Terkenal Mahal

REVOLUSI PERJALANAN HAJI

By TERE LIYE

Kalian itu pernah naik pesawat nggak sih? Nah, saat mau naik pesawat, kalian beli tiket lewat apa? Aplikasi kayak traveloka, dkk?

Jika pernah, maka hanya orang super bego sajalah yang tidak tahu: dimana-mana tiket Garuda itu mahal. Coba buka sembarang rute, Garuda selalu muncul di baris paling bawah, karena paling mahal. Yang muncul di atas, tarifnya bisa 1/3 dari punya Garuda. Paling rute kayak Jakarta-Lampung saja yang Garuda murah, itu pun karena Lion Air dkk 'sepakat' ngunci harga tinggi. Kalau dibuka harga lama, tetap Lion Air dkk paling murah.

Saudia Airlines? Ini juga sama. Silahkan buka aplikasi Traveloka, dll. Masukkan rute Jakarta-Jeddah. Dibanding maskapai-maskapai internasional lain seperti Emirates, Etihad, dkk, wah Saudia Airlines itu juarang sangat muncul di baris atas, alias muncul harga paling murah. Juarang pol. Padahal Etihad, dkk itu transit dulu ke negara lain. Muter dulu, tetap lebih murah.

Lantas, dengan fakta itu, 2 maskapai ini disuruh ngitung biaya tiket pesawat haji? Dan itu dijadikan standar harga paling masuk akal? Astaga.

Jamaah haji itu sudah fix, jadwal fix, biaya dibayar jauh-jauh hari. Jumlah jamaah 200.000 lebih. Paham tidak? Ini artinya, carter pesawat ini nyaris TIDAK ada resikonya. Duit semua itu, 6 trilyun lebih duitnya, alias 400 juta dollar. Masa' kamu tidak bisa nego?

Ayo lakukan revolusi perjalanan haji. Tahun 2024, buka tender ini ke semua maskapai di planet Bumi. Bahkan jika ada maskapai dari Mars mau ikutan, silahkan.

Akan seru loh jika Lion Air, Air Asia, dkk ikut tender, Pun Emirates, Etihad, dkk. Saat mereka ikutan, mari kita lihat, apakah hitung-hitunganan Garuda paling murah?

Sekali lagi, bukalah aplikasi beli tiket pesawat, apakah Garuda ngasih tiket paling murah? Model bisnis Garuda ini ehem, biaya tinggi. Dibandingkan maskapai lain yg efisien, wah, wah, jauh dik.

Btw, ngomong2, yg nyolot banget belain angka Rp 32,7 juta versi Garuda ini, ehem, kamu memangnya sering naik pesawat Garuda? Oh, naik Garuda jika dibayarin kantor. Sama dong, sama kayak Menteri Agama dulu, bawa rombongan haji dibayarin kantor juga. Pantas saja ngotot sekali harus Garuda.

*fb Tere Liye 15/2/2023

👇👇

Baca juga :