NasDem Sebut Demokrat Tak Ngotot Sodorkan AHY Jadi Cawapres Anies

[PORTAL-ISLAM.ID] Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan pendamping Anies Baswedan untuk berlaga pada Pemilihan Presiden 2024 diserahkan sepenuhnya kepada Anies. 

Menurut dia, partainya bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akan membentuk Koalisi Perubahan ini sudah satu suara mengenai hal tersebut.

Adapun Partai Demokrat menyodorkan nama Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY sebagai calon wakil presiden Anies. Kendati demikian, Sugeng mengatakan Demokrat sudah menyampaikan bahwa cawapres diserahkan kepada Pak Anies.

So far (sejauh ini), tidak (ngotot). Tapi memang selama ini kita baru kan ketemu dua kali. Kemarin saya tim kecil ketemu di Kantor Demokrat,” kata Sugeng di Kantor Partai NasDem, Jumat, 3 Februari 2023.

Piagam Deklarasi

Adapun piagam deklarasi Koalisi Perubahan disebut Sugeng sudah tuntas dibahas oleh tim kecil tiga partai. Dia menjelaskan, ketiga partai tinggal mencari momentum yang tepat untuk mendeklarasikan koalisi. 

Pasalnya, poin-poin dan substansi dalam piagam itu disebut Sugeng sudah selesai dibahas.

“Sudah selesai semua. Itu kan fungsinya tim kecil, kami yang menyiapkan, tinggal cari momentum, hari, bulan, tanggal yang baik aja,” kata Sugeng di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Februari 2023.

Kendati demikian, Sugeng menyebut belum bisa memastikan apakah deklarasi ini sekaligus mengumumkan paket calon presiden serta calon wakil presidennya. Adapun ketiga partai sudah satu suara menjagokan Anies Baswedan sebagai capres 2024 dan berkomitmen kerja sama dalam Koalisi Perubahan.

Menurut Sugeng, urusan deklarasi pendamping Anies masih dipertimbangkan oleh tim kecil ketiga partai. Dia mengatakan pertimbangan ini merupakan bagian dari strategi melihat peta Pemilihan Presiden 2024.

“Sudah, semua sudah ada. Betul apakah akan mencalonkan, mengumumkan sekaligus cawapres, itu bagian pertimbangan. Kita lihat sebagai sebuah strategi,” kata dia.

Bacapres Pertama dengan Dukungan Suara yang Cukup

Ketua Tim Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan satu per satu dukungan dari partai politik kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 resmi dilontarkan. 

Usai Partai NasDem dan Partai Demokrat, PKS akhirnya menyusul dengan menegaskan komitmennya untuk menjadi bagian dari partai pendukung Anies dalam Koalisi Perubahan pada Senin, 30 Januari 2023 lalu.

Said menjelaskan, penegasan komitmen oleh PKS ini menunjukkan bahwa Anies merupakan bakal calon presiden pertama yang mendapatkan dukungan resmi dengan jumlah yang cukup. Artinya, kata dia, bahtera Koalisi Perubahan bersiap untuk segera belajar menuju Pemilihan Presiden 2024.

“Pada hari ini Pak Anies adalah bacapres yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan,” kata Sudirman di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Senin, 30 Januari 2023.

Dia mengatakan pimpinan parpol Koalisi Perubahan bakal bertemu dalam waktu dekat. Mereka dijadwalkan menyusun dan menyepakati piagam koalisi.

“Dalam waktunya, Insya Allah akan dilakukan deklarasi bersama seluruh partai politik pendukung Pak Anies Baswedan,” ujarnya.

[Sumber: TEMPO]
Baca juga :