Gempa bumi, Malaysia salurkan lebih dari $2 juta untuk Turki dan Suriah

[PORTAL-ISLAM.ID]  KUALA LUMPUR  – Malaysia akan menyalurkan lebih dari US$2 juta (lebih dari RM8,6 juta) ke Turki dan Suriah untuk membantu para korban gempa bumi kuat yang melanda kedua negara tersebut pada Senin (6/2/2023).

Kabinet setuju untuk memberikan US$1 juta sementara Sultan Johor Sultan Ibrahim Almarhum Sultan Iskandar juga setuju untuk memberikan kontribusi US$1 juta, ujar pernyataan yang dirilis dalam akun Instagram resmi Anwar Ibrahim pada Rabu (8/2/2023).

Dewan Agama Islam Wilayah Federal juga akan menyumbang RM10 juta.

Malaysia akan mengirimkan Tim Pencarian dan Penyelamatan Khusus Malaysia (SMART) kedua ke Turki malam ini untuk berpartisipasi dalam misi pencarian dan penyelamatan (SAR) korban gempa.

Tim kedua di bawah pengawasan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (NADMA) akan terdiri dari 70 anggota dari SMART dan Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia.

Kementerian Pertahanan juga akan menyiapkan tim dokter dan paramedis ATM untuk menyiapkan ‘rumah sakit lapangan’ di Turki.

Kemenkes akan mempresentasikan buku putih pengadaan vaksin dan biaya terkait yang ditandatangani menteri tanpa persetujuan Jaksa Agung. [Arrahmah]
Baca juga :