Cuma Anies aja yang bukan pribumi!

[PORTAL-ISLAM.ID] Berbagai cara dilakukan untuk menjegal dan menjatuhkan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 potensial.  

Para BuzzeRp dikerahkan dengan narasi soal Pribumi. Seakan Anies Baswedan bukan pribumi karena keturunan dari Yaman.

LUCUNYA... banyak tokoh warga Indonesia yang berasal dari keturuan Arab/Yaman atau bahkan China tidak diserang dengan isu Pribumi.

Contohnya... Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, yang saat ini menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Istilah "Pribumi" sendiri muncul di era kolonial Hindia Belanda setelah diterjemahkan dari Inlander (bahasa Belanda untuk "Pribumi"), istilah ini pertama kali dicetuskan dalam undang-undang kolonial Belanda tahun 1854 oleh pemerintahan kolonial Belanda untuk menyamakan beragam kelompok penduduk asli di Nusantara kala itu, terutama untuk tujuan diskriminasi sosial. 

Selama masa kolonial, Belanda menanamkan sebuah rezim segregasi (pemisahan) rasial tiga tingkat; ras kelas pertama adalah "Europeanen" ("Eropa" kulit putih) dan pribumi Kristen/Katolik misalnya tentara KNIL dari Ambon; ras kelas kedua adalah "Vreemde Oosterlingen" ("Timur Asing") yang meliputi orang Tionghoa, Arab, India maupun non-Eropa lain; dan ras kelas ketiga adalah "Inlander", yang kemudian diterjemahkan menjadi "Pribumi". 

Sistem ini sangat mirip dengan sistem politik di Afrika Selatan di bawah apartheid, yang melarang lingkungan antar-ras ("wet van wijkenstelsel") dan interaksi antar-ras yang dibatasi oleh hukum "passenstelsel". 

Kenapa cuma Anies yang diserang dengan isu Pribumi?

"Najwa Shihab Pribumi
Basuki BTP Pribumi
Tsamara Pribumi
Prabowo Pribumi
Cinta Laura Pribumi
Ari Wibowo Pribumi
Wulan Guritno Pribumi
Yunarto  Wijaya Pribumi
Cuma Anies aja yg bukan pribumi!" sentil aktivis sosmed King Purwa @BosPurwa.

Baca juga :