Ajaran Islam mana yang pengen punya apa-apa itu di Sholawatin?

Ajaran Islam mana yang pengen punya apa-apa itu di Sholawatin?

Jawaban:

DALIL APA APA DISHOLAWATIN

Dari Ubay bin Ka’ab –radhiyallahu ‘anhu- berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُكْثِرُ الصَّلَاةَ عَلَيْكَ فَكَمْ أَجْعَلُ لَكَ مِنْ صَلَاتِي ؟ فَقَالَ : مَا شِئْتَ . قَالَ قُلْتُ الرُبُعَ ؟ قَالَ : مَا شِئْتَ فَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ . قُلْتُ النِّصْفَ ؟ قَالَ : مَا شِئْتَ فَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ . قَالَ قُلْتُ فَالثُّلُثَيْنِ ؟ قَالَ : مَا شِئْتَ فَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ . قُلْتُ أَجْعَلُ لَكَ صَلَاتِي كُلَّهَا ؟ قَالَ : إِذًا تُكْفَى هَمَّكَ وَيُغْفَرُ لَكَ ذَنْبُكَ

“Wahai Rasulullah, sungguh aku telah memperbanyak bershalawat kepadamu, lalu seberapa banyak aku jadikan shalawatku kepadamu di dalam dzikirku ?, beliau menjawab: “Terserah kamu”, Aku berkata: “seperempat ?”, beliau menjawab: “Terserah kamu, tapi kalau kamu tambah lebih baik”. Aku berkata: “setengahnya ?”, beliau menjawab: “Terserah kamu saja, tapi jika kamu tambah lebih baik bagimu”. Aku berkata: “Dua pertiga ?”. beliau menjawab: “Terserah kamu, Tapi kalau kamu tambah lebih baik”. Aku  berkata: “Akan aku jadikan dzikirku semua dengan shalawat kepadamu”. Beliau menjawab: “Kalau begitu, maka akan dicukupkan semua keinginanmu, dan dosamu akan diampuni”.

Imam Tirmidzi berkata: “Hadits hasan shahih”, Dihasankan oleh Al Mundziri di dalam At Targhib wa Tarhib, dihasankan juga oleh Al Hafidz Ibnu Hajar di dalam Fathul Baari (11/168), dishahihkan oleh Albani di dalam Shahih At Targhib (1670) dan yang lainnya.

Titik dalil: Dalam Hadits di atas Rasulullah ﷺ menjanjikan bagi yang memperbanyak shalawat akan dicukupkan (dipenuhi) keinginannya secara umum artinya termasuk keinginan duniawi.

Wallahua'lam.

[Ustadz Muhammad Salim Kholili]

***

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Baca juga :