Yahudi Masuk Islam Sebelum Meninggal Dunia

YAHUDI MASUK ISLAM SEBELUM MENINGGAL DUNIA

PENANYA:
Asalamualaikum warahmatullahi wabarokatuhu
Kyai. Ini ada cerita, seorang Yahudi yg selalu khidmad pada Baginda Rasulullah SAW. Belum masuk Islam sampai mau sakaratul maut waktu sudah mulai naza dia baru masuk Islam.
Apa Yahudi tersebut sudah termasuk shahabat kah ?


KH. LUTHFI BASHORI:
Yang benar itu:
Bukan berkhidmat, tapi bekerja kepada Nabi SAW.
Bukan masuk Islam saat sakaratul maut, tapi masuk Islam di saat masih sakit sebelum meninggal dunia.

Karena telah masuk Islam langsung di tangan Nabi SAW, maka terhitung sebagai shahabat Nabi SAW.

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ غُلَامٌ يَهُودِيٌّ يَخْدُمُ النَّبِيَّ ﷺ فَمَرِضَ فَأَتَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُهُ فَقَعَدَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَقَالَ لَهُ أَسْلِمْ فَنَظَرَ إِلَى أَبِيهِ وَهُوَ عِنْدَهُ فَقَالَ لَهُ أَطِعْ أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْلَمَ فَخَرَجَ النَّبِيُّ ﷺ وَهُوَ يَقُولُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْقَذَهُ مِنْ النَّارِ (رواه البخاري)

Dari Anas r.a, berkata,: “Ada seorang anak kecil Yahudi yang bekerja (membantu) Nabi SAW menderita sakit. Maka Nabi SAW menjenguknya dan beliau SAW duduk di sisi kepalanya lalu bersabda, “Masuklah Islam”. Anak kecil itu memandang kepada bapaknya yang berada di dekatnya, lalu bapaknya berkata,: “Taatilah Abu Al Qasim (Nabi Muhammad) SAW”. 

Maka anak kecil itu masuk Islam. Kemudian Nabi SAW keluar sambil bersabda, “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan anak itu dari neraka”. (HR. Bukhari)