Stadion 974 Qatar salah satu stadion Piala Dunia 2022, stadion portabel pertama di dunia yang dapat dibongkar diangkut kemudian dipasang kembali seperti Lego

[PORTAL-ISLAM.ID]  Stadion 974 di Qatar adalah stadion sepak bola stand-down pertama di dunia.

Itu terbuat dari wadah dan dapat dibongkar sepenuhnya dan diangkut ke negara lain kemudian dipasang kembali seperti Lego 🤯

Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022 telah menyiapkan 8 stadion yang akan digunakan sepanjang perhelatan mulai 20 November-18 Desember mendatang.

Salah satu stadion yang unik adalah Stadion 974.

Stadion 974 adalah stadion sepak bola di Doha, Qatar, dengan kapasitas 40.000 penonton. 

Seperti stadion lain yang direncanakan untuk Piala Dunia 2022, teknologi modern akan diluncurkan untuk mendinginkan Stadion 974 menggunakan energi matahari dan memiliki jejak karbon nol dari tirai di atas stadion, dan stadion dapat sepenuhnya dibongkar dan digunakan dalam proyek terkait olahraga dan non-olahraga lainnya.

Stadion ini dirancang oleh Fenwick Iribarren Architects. Menjadi stadion pertama yang dapat sepenuhnya dibongkar dan digunakan kembali pasca-acara.

Desain modular stadion yang cerdas berarti bahwa lebih sedikit bahan bangunan normal yang dibutuhkan daripada dalam pengembangan stadion tradisional, yang membantu menekan biaya konstruksi.

Ini termasuk fleksibilitas dalam desain untuk membangun kembali stadion dengan kapasitas yang sama di lokasi yang berbeda atau membangun beberapa tempat yang lebih kecil menggunakan bahan yang sama.

Stadion ini menerima peringkat bintang 5 dari Sistem Penilaian Keberlanjutan Global (GSAS) untuk desain dan konstruksinya.

Tempat duduk mangkuk stadion menghindari kebutuhan akan AC karena dirancang untuk berventilasi alami. Keseluruhan struktur baja stadion dapat didaur ulang dan digunakan kembali pasca-turnamen, berdasarkan opsi warisan apa pun yang dipilih.

Metode efisiensi air stadion memastikan mengurangi penggunaan air sebesar 40% dibandingkan dengan pembangunan stadion konvensional.

Berada di tepi laut dengan pemandangan cakrawala Doha yang spektakuler, Stadion 974 dibangun menggunakan kontainer pengiriman bersertifikat standar dan elemen baja modular, menggemakan pelabuhan terdekat dan sejarah industri plot.

Hasilnya adalah arena yang khas, penuh warna, dan sepenuhnya modern. 

Stadion 974 akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan selama Piala Dunia FIFA, dengan enam pertandingan grup dan satu pertandingan babak 16 besar.

22 November
Grup C: Meksiko v Polandia (19:00 waktu setempat)

24 November
Grup H: Portugal v Ghana (19:00 waktu setempat)

26 November
Grup D: Prancis v Denmark (19:00 waktu setempat)

28 November
Grup G: Brasil v Swiss (19:00 waktu setempat)

30 November
Grup H: Polandia v Argentina (22:00 waktu setempat)

01 Desember
Grup G: Serbia v Swiss (22:00 waktu setempat)

05 Desember
Babak 16 besar: 1G v 2H (22:00 waktu setempat)

Pertandingan Pertama

Stadion berkapasitas 40.000 turnamen ini diresmikan saat peluncuran pada November 2021 dan menjadi tuan rumah pertandingan pertamanya selama hari pembukaan Piala Arab FIFA Qatar 2021™ ketika Uni Emirat Arab bermain melawan Suriah pada 30 November 2021.

[VIDEO]