Politik Dasa Muka Jokowi

Ini (salah satu) Bukti !!  Pak Jokowi sangat berkepentingan dengan Pilpres 2024

Ya... seperti yang sudah sering saya tulis di status selama ini, Pak Jokowi sangat berkepentingan terhadap Pilpres 2024.... diantaranya untuk memastikan bahwa Presiden terpilih adalah sosok yang mau mengakomodasi kemauannya.

Apa itu kemauannya Pak Jokowi ?! banyak... 

TETAPI yang utama adalah ada jaminan keberlangsungan program2 pemerintah semasa Beliau memimpin (contoh perpindahan Ibu Kota Negara, Kereta Cepat).... dan jaminan keamanan Beliau dari kemungkinan gugatan hukum (baik perdata/pidana) karena kesalahan pengambilan keputusan yang berdampak pada kerugian negara.

JUGA, Presiden pengganti mau memberikan fasilitas dukungan untuk anak dan menantunya dalam meneruskan karir politik di masa depan.

***

Uraian di atas adalah penjelasan yang (paling) masuk akal, KENAPA sampai hari ini Pak Jokowi masih saja memelihara simpul-simpul relawan yang dimilikinya.

NOTE : pernyataan yang ada di capture diucapkan oleh Pak Jokowi saat menghadiri acara Relawan "Gerakan Nusantara Bersatu" yang diselenggarakan di GBK Senayan hari ini Sabtu, 26 November 2022.

Ya karena UNTUK APA LAGI ??? secara.... kalo diliat dari ---"anatomi/ landscape/ arsitektur/ konfigurasi politik praktis"--- yang ada, Pak Jokowi sudah aman jaya hingga masa akhir jabatannya dari kemungkinan permakzulan /dilengserkan.

MAKA memelihara relawan adalah salah satu cara Pak Jokowi untuk menunjukkan bargaining power politik, karena Pak Jokowi tidak memiliki partai.

***

TERAKHIR....

Banyak Pengamat yang menafsirkan pernyataan Pak Jokowi di acara jumpa relawan tersebut adalah sinyal dukungan untuk Pak Ganjar Pranowo.

TETAPI kalau menurut saya pribadi... lebih luas dari itu...  yaitu, ini adalah "kampanye terselubung" dari Pak Jokowi untuk tidak memilih Pak Anies Baswedan. 

Kata Pak Jokowi : kalo wajahnya bersih, hati-hati ...  ๐Ÿ™„๐Ÿ™„๐Ÿ™„

LALU... apakah ini menjadi sikap final dari Pak Jokowi ??? *mendukung Pak GP.  Menurut saya juga belum....

Menurut saya belum.... Beberapa waktu lalu, Gabungan Relawan Jokowi diantaranya ada Budi Arie Setiadi (PROJO) menemui Pak Prabowo, yang itu tidak mungkin dilakukan jika belum mendapatkan sinyal dari Pak Jokowi.

Beberapa waktu lalu di acara HUT Perindo, Jokowi juga menyebut Pilpres 2024 jatahnya Pak Prabowo.

JADI.... Pak Jokowi sedang menjalankan "Politik Dasa Muka" politik seribu wajah, dengan main "banyak kaki".

(By Tara Palasara)