Survei Trust Indonesia, Anies Capres dengan Tingkat Kinerja Tertinggi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Rilis Survey nasional key opinion leader terbaru, dari beberapa tokoh yang berpeluang menjadi calon presiden RI, Anies Baswedan unggul dalam kapasitas, intelektualitas dan integritas.

Ditinjau dari berbagai sisi, Anies Baswedan memang sangat kompeten untuk memimpin Indonesia. Semoga gerak langkah perubahan ini diridhoi oleh Tuhan YME. Mohon doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. 🙏

***

Trust Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei nasional kepada 630 key opinion leader (KOL) yang tersebar di 34 Provinsi terhadap lima figur yang digadang-gadang bakal maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Menhan Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jateng Ganjar Purnowo dan Ketua DPR Puan Maharani. 

Hasilnya, survei yang digelar selama 7-12 Oktober 2022 menempatkan Anies sebagai capres berintegritas dengan kepuasan kinerja tertinggi.

Menurut laporan Trust Indonesia, sebanyak 630 KOL yang terdiri atas akademisi, aktivis mahasiswa, birokrat, LSM, Pers, pengamat politik, pengusaha dan tokoh masyarakat, menilai Anies sebagai figur dengan kapasitas dan integritas yang mumpuni dengan tingkat kepercayaan mencapai 89,2 persen. Para responden juga memberi nilai positif terhadap kinerja Anies dengan 54 persen diantaranya mengaku puas atas kinerja eks Mendikbud itu.

Survei Trust Indonesia terhadap 630 key opinion leader yang tersebar di 34 provinsi menempatkan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai capres dengan kategori kapasitas dan integritas tertinggi.

Selain itu, Anies juga unggul dalam aspek figur capres antikorupsi. Sebanyak 32,7 persen responden merasa sangat puas dengan spirit antikorupsi Anies Baswedan. Sedangkan 53 persen responden mengaku puas.

Survei yang sama turut menegaskan bahwa Anies memiliki kinerja yang mengungguli figur lain seperti Airlangga Hartarto, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani. Sebab, tingkat kepuasan terhadap kinerja empat figur lain jauh di bawah Anies Baswedan. Prabowo mendapatkan tingkat kepuasan sebesar 59,2 persen, sedangkan Ganjar Pranowo mengantongi 57,5 persen.

Airlangga Hartarto mengantongi tingkat kepuasan sebesar 30,2 persen. Sedangkan, Puan Maharani berada pada posisi buncit dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 15,9 persen.

Trust Indonesia menggelar survei secara daring dengan metode purposive sampling dengan merumuskan kriteria-kriteria spesifik yang perlu diteliti terlebih dulu. Responden KOL dipilih secara acak (random) dengan cara mengonfirmasi ulang. (*)