"Pilar Penciptaan" James Webb dan Surat Al-Waqiah

[PORTAL-ISLAM.ID]  NASA berhasil mengabadikan foto terbaru “Pillars of Creation” ("Pilar Penciptaan") yang ikonik lewat Teleskop Luar Angkasa James Webb pada Rabu (19/10/2022), lokasi di mana terbentuknya bintang-bintang baru di dalam awan gas dan debu yang padat. 

NASA mengatakan pilar-pilar tiga dimensi itu terlihat seperti formasi bebatuan yang megah, tetapi jauh lebih permeabel.

Berdasarkan keterangan NASA, kolom-kolom ini terbentuk dari gas dan debu antar bintang dingin yang tampak semitransparan dalam cahaya inframerah.

NASA juga mengatakan potret terbaru Pillars of Creation dari teleskop Webb tersebut, yang pertama kali menjadi terkenal ketika gambarnya diabadikan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA pada 1995 dan 2014, yang akan membantu para peneliti mengubah model pembentukan bintang mereka dengan mengidentifikasi jumlah yang jauh lebih akurat dari bintang-bintang yang baru terbentuk, serta kuantitas gas dan debu di daerah tersebut.

Sekadar diketahui, Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah observatorium ilmu luar angkasa terkemuka di dunia.

NASA menyebutkan bahwa Webb akan memecahkan banyak misteri di tata surya, melihat melampaui dunia yang berada jauh di sekitar bintang-bintang lain, dan menyelidiki struktur misterius dan asal-usul alam semesta kita dan tempat kita di dalamnya.

Webb merupakan program internasional yang dipimpin oleh NASA bersama Badan Antariksa Eropa (European Space Agency) dan Badan Antariksa Kanada (Canadian Space Agency).

"Pilar Penciptaan" tersebut menjadi terkenal oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang pertama kali berhasil memotretnya pada tahun 1995 dan kemudian lagi pada tahun 2014.

Kelap-kelip ribuan bintang menerangi bidikan pertama teleskop dari kolom emas, tembaga, dan cokelat raksasa yang berdiri di tengah-tengah kosmos.

Di ujung beberapa pilar terdapat bintik-bintik merah cerah seperti lava. "Ini adalah ejeksi dari bintang-bintang yang masih terbentuk," hanya beberapa ratus ribu tahun, kata NASA dalam sebuah pernyataan.

“Bintang-bintang muda ini secara berkala menembakkan jet supersonik yang bertabrakan dengan awan material, seperti pilar tebal ini,” tambah badan antariksa AS.

"Pilar Penciptaan" terletak 6.500 tahun cahaya dari Bumi, di Nebula Elang galaksi Bima Sakti kita.

________________________________

 فَلَآ اُقْسِمُ بِمَوٰقِعِ النُّجُوْمِ

"Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang." [QS Al-Waqiah: 75]

وَاِنَّهٗ لَقَسَمٌ لَّوْ تَعْلَمُوْنَ عَظِيْمٌۙ 

"Sesungguhnya itu benar-benar sumpah yang sangat besar seandainya kamu mengetahui." [QS Al-Waqiah: 76]