Masih Cair

Masih Cair

Oleh: Erizal

Seperti kata Masinton Pasaribu, setelah bertemu Golkar (Airlangga Hartarto), PDIP (Puan Maharani) bakal bertemu PAN dan PPP. Bagaimana dengan Demokrat dan PKS? Tidak, untuk tidak mengatakan belum ada jadwal.

Sempat disarankan agar Puan bertemu AHY, untuk meredakan ketegangan pasca pidato SBY soal turun gunung, batil, atau jahat, bukan? Tapi, saran itu seperti ditanggapi dingin oleh kedua belah pihak. Artinya, belum ada jadwal.

Pertemuan dengan Airlangga dikemas dalam bentuk jalan sehat. Sebelumnya dengan PKB, Muhaimin, ziarah dan makan nasi pecel. Sama Prabowo (Gerindra) bertemu sambil berkuda. Sama PAN -PPP belum tahu akan seperti apa?

Artinya, pilihan Demokrat dan PKS memang hanya tinggal bersama NasDem dengan cara mendukung Anies Baswedan. Makanya setelah bertemu Demokrat, Anies bakal bertemu PKS. Apakah PKS legowo Anies-AHY untuk diusung?

Selain tiga partai ini, enam partai lainnya bisa bersatu menjadi satu poros besar. Bisa juga dua, tapi untuk tiga sulit, kecuali PDIP mau sendirian. Pertemuan Jokowi dan Megawati mengisyaratkan sulit bagi PDIP buat sendirian.

Tapi, untuk satu poros besar, perlu bertemu lagi satu tokoh, yakni Prabowo. Jokowi, Megawati, dan Prabowo. Siapa calon? Prabowo-Ganjar? Ini yang bikin tak mudah. Seperti tak mudahnya Anies-AHY diterima gratis oleh PKS. Masih cair.

(*)