Anies dan NasDem Sama-sama Untung

Anies dan NasDem Sama-sama Untung

Oleh: Erizal

Sejak awal, modal Anies Baswedan itu ya NasDem. Bukan partai lain. Anies Baswedan bertemu empat mata dengan Surya Paloh tak lama setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden untuk periode kedua.

NasDem "penentang" Gerindra masuk ke dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf. Sejak itu, NasDem partai pemerintah, tapi rasa oposisi. Kendati acap kali Surya Paloh menegaskan hubungan dengan Presiden Jokowi baik-baik saja.

Termasuk, saat mendeklarasikan pencapresan Anies Baswedan hari ini. Ia mengatakan sudah minta izin Presiden Jokowi untuk mengusung Anies Baswedan. Bahkan, dia mengaku dialah yang paling dekat dengan Presiden Jokowi.

Deklarasi pencapresan Anies ini tidak saja menguntungkan Anies, tapi juga NasDem. Kendati banyak juga yang berpendapat justru merugikan atau mempersulit Anies ke depan dalam berkomunikasi dengan partai-partai lain.

Pasti akan alot. Tapi akan ada solusi karena pilihan Demokrat dan PKS juga tak banyak, jika tak mengatakan hanya NasDem pilihan mereka. AHY punya peluang, dari PKS juga punya peluang mendampingi Anies. Tapi, untuk kesepakatan bisa juga orang luar yang ditarik.