Profil Muhammad Iqbal Gwijangge, Kapten Timnas U-16 Berdarah Papua Yang Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2022

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kapten timnas Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge terpilih sebagai pemain terbaik Piala AFF U-16 2022. Pemain berdarah Papua tersebut merebut gelar usai tampil solid sepanjang turnamen. 

Di bawah kepemimpinannya, timnas Indonesia U-16 merebut gelar Piala AFF U-16 2022 setelah menaklukkan Vietnam di final dengan skor 1-0.

Gol tunggal Muhammad Kafiatur pada injury time babak pertama cukup untuk membawa timnas U-16 Indonesia memenangkan pertandingan yang digelar di Stadion Maguwojarjo, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam. 

Beroperasi di lini belakang, Iqbal membantu Timnas U-16 mencatat clean sheet (tidak kebobolan) di final. Garuda Asia juga menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di Piala AFF U-16. Pasukan Bima Sakti hanya kebobolan dua kali dalam lima pertandingan menuju gelar.

Tidak hanya itu, Iqbal juga menunjukkan ketenangan saat menjadi algojo adu penalti pertama Indonesia pada semifinal melawan Myanmar. Eksekusinya yang berbuah gol membantu rekan-rekan lebih tenang sehingga akhirnya menang 5-4 (1-1).

Profil dan Biodata

Muhammad Iqbal Gwijangge adalah pria keturunan tanah Papua yang lahir di Sumedang, Jawa Barat.

Olahraga bukan hal asing di keluarga Iqbal. Lahir dari seorang ibu bernama, Besinah Haluk yang merupakan mantan atlet angkat berat Jawa Barat. Sejak usia dini ia berlatih di klub Bandung Pro United dan kini namanya terdaftar sebagai pemain Bhayangkara FC U-16.

Iqbal Gwijangge sekolah SD sampai SMA di Bandung.

Iqbal, sapaan akrabnya, menjadi sorotan publik. Karena debut mainnya sebagai bek tengah di Timnas U 16 tak pernah tergantikan dan selalu tampil dengan maksimal. 

Saking baiknya dalam menjaga pertahanan Timnas Indonesia U-16, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berniat menjadikan Iqbal sebagai anak angkatnya dan berjanji akan mengawal dia bukan hanya di lapangan hijau saja, tetapi pendidikan hingga mendapat pekerjaan.

Nama Lengkap : Muhammad Iqbal Gwijangge

Tempat Tanggal Lahir : Sumedang, Jawa Barat, 29 Agustus 2006

Agama : Islam

Posisi : Bek tengah

Baca juga :