Eks Kapolri Idham Azis Terseret Kasus Brigadir J

[PORTAL-ISLAM.ID] Baru terungkap nama mantan Kapolri Idham Azis disebutkan terseret dalam kasus Brigadir J setelah Ferdy Sambo jadi tersangka.

Disebut-sebut mantan Kapolri Idham Azis ada kaitannya dengan rumah pribadi Ferdy Sambo yang ada di Magelang.

Nama Perwira Tinggi Polri yang menjabat sebagai Kapolri tertua sepanjang sejarah institusi Polri itu ikut disorot dalam proses penyidikan kasus tewasnya Brigadir J.

Mantan Kapolri Idham Azis ikut disorot usai terbongkarnya skenario kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Nofriansyah Joshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas eks Irjen Pol Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Juli 2022 lalu.

Jenderal Polisi (Purn.) Idham Azis adalah purnawirawan Polri yang mantan pimpinan tertinggi institusi kepolisian yang dilantik dan menjabat sejak bulan November 2019 hingga Januari 2021 menggantikan Kapolri Tito Karnavian.

Di akhir masa jabatannya, Ia digantikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Nama Perwira Tinggi Polri yang menjabat sebagai Kapolri tertua sepanjang sejarah institusi Polri itu ikut disorot dalam proses penyidikan kasus tewasnya Brigadir J.

Nama Idham Azis disebut terkait status kepemilikan rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Residence Cempaka, Saragan, Desa Banyuroto, Kecamatan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kabupaten Magelang merupakan salah satu sorotan daerah yang menjadi incaran tim penyidik pasca terbongkarnya misteri pembunuhan Brigadir J.

Seperti diketahui bahwa sebelum dibunuh, Brigadir J dan Ferdy Sambo sempat berkunjung ke rumah pribadi di Magelang.

Berdasarkan keterangan Ketua RT 07 - RW 08, Dusun Saragan, Desa Banyurojo, Desa Mertoyudan, Joko Sutarman (70), rumah pribadi Ferdy Sambo di Residence Cempaka, Blok C Nomor 3 itu diketahui sebelumnya pernah ditempati Mantan Kapolri Idham Azis.

"Saya baru tahu itu (rumah Ferdy Sambo) sejak kasus ini geger. Sebelumnya saya tidak tahu kalau rumah itu adalah rumah Pak Sambo," kata Joko kepada wartawan, dikutip dari nttmediaexpress.

Sebelum ditempati oleh Irjen Pol Ferdy Sambo diketahui rumah tersebut sempat ditinggali oleh mantan Kapolri Idham Azis.

"Setahu saya itu dulu rumahnya miliknya pak Idham Aziz, mantan Kapolri. Saat dipindahtangankan itu saya tidak tahu. Itu, rumahnya di blok C, keliatan kok kalau dari luar," ungkap Ketua RT.

Sosok Idham Azis bukan orang baru di jajaran kepolisian Indonesia. Lulusan Akademi Polisi 1988 itu menguasai bidang reserse.

Ia memiliki karier gemilang sejalan dengan prestasi yang ditorehkan. Pantas saja, bila dirinya mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi menjadi Kapolri.

Bersama kompatriotnya, yakni Tito Karnavian, Idham Azis berhasil menangani berbagai kasus, khususnya soal terorisme.

Di masa Idham Azis menjabat Kapolri juga dikenal dengan terjadinya kasus pembunuhan enam laskar FPI pengawal Habib Rizieq Syihab atau Kasus Tragedi KM 50 yang terjadi pada 6-7 Desember 2020.

Seperti diketahui, Idham Azis menjabat Kapolri pada 1 November 2019 hingga 27 Januari 2021.