Anies Baswedan for Presiden: Akhirnya Gapura Chinatown Glodok Pancoran Kembali Tegak Setelah Melewati Sejarah yang Panjang

Akhirnya Gapura Chinatown Glodok Pancoran kembali tegak setelah melewati sejarah yang panjang.

Gapura aslinya didirikan sejak abad ke-18, lalu dihancurkan ketika masa pendudukan Jepang, hingga kemarin, Kamis(30/6/2022) akhirnya kembali berdiri kokoh dan menjadi salah satu icon baru di Jakarta.

Gapura ini menjadi penanda sebuah kawasan bersejarah yang telah menjadi tempat warga Jakarta berkumpul dan berinteraksi sejak begitu lama. Di sini identitas dan budaya Chinatown (Pecinan) bertumbuh dan ikut mewarnai Jakarta, serta ikut menegaskan posisi Jakarta sebagai kota global.

Kemarin turut hadir pada momen bersejarah ini, meresmikan Gapura Glodok Pancoran bersama teman-teman Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI).

Peresmian ini menjadi pengingat kita bersama bahwa keberagaman yang ada di sekitar kita adalah karunia dari Yang Maha Kuasa, sementara, persatuan adalah ikhtiar kita bersama. Hal ini harus kita rawat bersama-sama. Semoga tegaknya gapura ini juga menjadi penanda bahwa Kota ini penuh dengan sejarah, serta kesetaraan akan hadir untuk semuanya.

Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada saudara- saudara kita dari Perhimpunan INTI, atas semua peran yang sudah diberikan untuk pembangunan Kota ini. Sebab tanpa kolaborasi ini, tentu akan sulit untuk menghadirkan kesetaraan di Jakarta. Selain itu juga kami mengapresiasi peran Dinas Kebudayaan, untuk semakin mengembangkan daya tarik kawasan Pecinan sebagai salah satu obyek wisata di Jakarta.

Semoga melalui pembangunan gapura ini, tidak hanya akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk semakin menarik wisatawan, namun juga sebagai pengingat dalam merawat nilai-nilai tradisi yang telah diwariskan kepada kita.

#GapuraGlodokPancoran
#JakartaHajatan495
#PerhimpunanINTI
#JakartaKotaGlobal

(Anies Baswedan)