Unggahan Erick Thohir saat Naik KRL Berdiri Jadi Sorotan, Publik: Mungkin Bukan Kursi itu yang Dia Inginkan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunggah foto di Twitternya saat menggunakan transportasi umum Kereta Rel Listrik (KRL). Postingan tersebut justru jadi sorotan warganet.

Pada unggahan, Erick Thohir mengenakan setelah kemeja hitam putih dengan logo tulisan BUMN. Di samping Erick juga terdapat jajaran pejabat lainnya seperti yang terlihat pada unggahan.  

Erick bersama rombongan memilih untuk berdiri di dalam kereta layaknya penumpang KRL pada umumnya, walaupun barisan kursi di belakangnya kosong. Gerbong KRL tersebut juga cenderung tak ramai.

"Tebak mau ke mana?," tulis keterangan pada unggahan Erick Thohir dengan emoticon bingung dikutip Beritahits.id pada Sabtu, (18/6/2022).

Unggahan Menteri BUMN justru jadi sorotan karena dianggap gimmick belaka atau pencitraan. Warganet menebak alasan Erick tak duduk di kursi KRL yaitu Erick dianggap sedang mengincar kursi lain di tahun 2024 nanti. Berikut komentar-komentar warganet.

"Husnudzon saja mungkin beliau mau mendahulukan orang yang lebih tua buat duduk. Bismillah pegawai BUMN," kata neter.

"Bukan kursi itu yang dia mau soalnya lagi ngincer kursi Presiden," ungkap warganet.

"Nyoba seberapa kuat pegangan di commuter line kali ya. Biasalah caper biar kelihatan merakyat," cuit publik.

"Baik banget memberikan kursi pada makhluk halus yang lebih membutuhkan," kata netizen.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menjadi sorotan publik karena terekam kamera diduga pulang kantor menaiki transportasi umum, Mass Rapid Transit atau MRT.

Momen itu diunggah oleh akun @San*** di jejaring media sosial Twitter pada Kamis 16 Juni 2022.

Klip berdurasikan 15 detik itu terlihat diduga Anies Baswedan mengenakan pakaian formal rapi dengan jas lengkap.

Sosok yang diklaim sebagai Anies berjalan keluar dari MRT dengan santai seraya merapikan bagian kemejanya. Sementara tangan kirinya terlihat membawa kertas dokumen.

Layaknya rakyat biasa, sosok itu tak ragu untuk berjalan diantara masyarakat yang berada di stasiun yang berlokasi di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Cuitan itu pun sontak dipenuhi beragam tanggapan warganet. 

"Yang dilakukan Anies pulang kantor naik MRT itu bukan hanya merakyat, tapi memberi contoh nyata, mengajak langsung masyarakat untuk menggunakan transportasi umum untuk mengatasi kemacetan lalu lintas kendaraan," ucap neter.

"Pendapat positif: sedang kampanye penggunaan angkutan umum. Pendapat negatif: pencitraan," cuit publik.[suara]