Ogah Minta-minta ke Erick Thohir, Sahroni Pilih Legawa jika BUMN Tak juga Sponsori Formula E

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni memastikan bahwa hingga saat ini sponsor dari BUMN untuk ajang balap mobil listrik belum ada.

Kendati begitu, ada sejumlah perusahaan swasta yang sudah mencatatkan diri mensponsori Formula E. Total ada 31 perusaan.

"Sponsor saat ini 31 sponsor dari pihak swasta, yang pasti BUMN belum kasih sponsor," kata Sahroni di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Sahroni mengatakan pihaknya tidak memaksakan diri terkait sponsor dari BUMN. Hal itu dinyatakan Sahroni menjawab pertanyaan apalah pihaknya akan mengajukan kepada Menteri BUMN Erick Thohir agar mendapatkan sponsor BUMN atau tidak.

Ia lebih memilih legawa jikapun hingga Formula E digelar tidak ada satupun BUMN yang menjadi sponsor.

"Ya sudahlah kalau enggak dikasih, mau diapain, enggak dipaksa. Tapi yang pasti BUMN per hari ini belum memberikan sponsornya," kata Sahroni.

Sebelumnya Direktur Fasilitas PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang juga menjabat Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko mengaku, saat ini Formula E sudah mengantongi tujuh sponsorship.

"Sponsorship pasti akan bertambah, tidak hanya tujuh itu makanya kami akan sampaikan di hari Selasa," kata Gunung di Hotel Pullman Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Deretan sponsor itu, lanjut dia, masih berasal dari pihak swasta sehingga belum ada satupun BUMN yang mengajukan diri jadi sponsor.

"Karena besok juga masih ada penandatanganan sponsorship. Namun sampai hari ini itu masih perusahaan swasta nasional, jadi BUMN belum ada," lanjut dia.

Ketua Panitia Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni sebelumnya juga sudah menyampaikan hal serupa. Namun sama sekali tidak menyinggung perihal adanya BUMN yang turut menjadi sponsor Formula E.

"Sudah ada tujuh perusaahan lokal yang akan menjadi sponsor," kata Sahroni pada Sabtu (28/5/2022) lalu.

Tujuh perusahaan itu, diantaranya Erafone, Bank Arta Graha Internasional, Hotel Discovery Ancol, Gulavit, Electronic City, Paprika, dan MS Glow for Men.

Sedangkan sponsor utama Formula E secara global sebagaimana disampaikan melalui laman resmi di anyaranya Tag Heuer, pengiriman DHL, maskapai Saudia, perbankan Allianz, BOSCH, Enel x Way, BOSS, Copper.co, Antovagasta Mineral dan perusahaan bir Heineken dan Moet & Chandon.

Sponsor yang disebut belakangan, Heineken memancing beragam respon. Pasalnya perusahan itu merupakan produsen minuman keras.

Berkaitan dengan ini, Sahroni memastikan pihaknya tidak akan memajang logo sponsor Heineken di ajang balap Jakarta E-Prix 2022.

"Kami sudah bersepakat bahwa tidak akan ada logo Heineken di area sirkuit. Selain itu, tidak akan ada penggunaan campagne beralkohol dalam acara penyerahan piala juara. Logo diganti dengan tagline berbunyi 'When you drive, never drink'," ujar Sahroni.

31 Sponsor dari Perusahaan Lokal

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta telah merilis daftar sponsor untuk balapan 4 Juni nanti. Terhitung ada 31 sponsor perusahaan lokal yang mendukung ajang balap mobil listrik ini.

Vice Managing Director Jakarta E-Prix Gunung Kartiko menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh sponsor. Menurutnya, dukungan dari para sponsor ini akan sangat membantu menyukseskan ajang balap mobil listrik internasional tersebut.

“Pada hari ini kami mengumumkan bahwa Jakarta E-Prix 2022 akan didukung oleh 31 perusahaan swasta dalam negeri dan beberapa sponsor global lainnya," ujar Gunung dalam keterangan tertulis, Rabu (31/5/2022).

"Adapun para sponsor kami terdiri dari berbagai industri, seperti bank, kecantikan, perusahaan teknologi, hingga perhotelan,” tambahnya menjelaskan.

Selain sponsor dari perusahaan swasta, Gunung mengatakan terdapat sejumlah sponsor global yang dibawa pihak Formula E Operation (FEO) untuk mendukung acara Jakarta E-Prix 2022 di berbagai seri balapan.

Untuk melihat daftar nama sponsor global, Gunung menyebut masyarakat bisa langsung mengeceknya di situs fiaformulae.com.

“Sponsor yang ada itu selain dari perusahaan swasta dalam negeri, yang memang khusus mendukung perhelatan balap mobil listrik di Indonesia, terdapat juga sponsor global yang sudah ditetapkan dari pihak FEO," jelasnya.

VP Communications Jakarta E-Prix, Imam Sjafei menyebut untuk bidang telekomunikasi, Indosat Ooredoo Hutchison Powered by Ericsson akan menjadi sponsor jaringan 5G resmi di Jakarta E-Prix.

“Hal ini tentunya kami harapkan dapat memberikan pengalaman digital telekomunikasi terbaik bagi para pebalap, kru tim balap, dan panitia yang terlibat, serta masyarakat umum,” jelasnya.

Lalu, ada juga perusahaan kosmetik MS Glow for Men yang akan menjadi kosmetik resmi untuk Formula E Jakarta.

“Ms Glow For Men juga akan menjadi satu-satunya partner kami sebagai Ms Glow Official Mens Cosmetic Partner of the Jakarta E-Prix," ucapnya.

Selain itu, Pertamina Renewable Diesel akan menjadi sponsor resmi energi terbarukan. Bahan bakar nabati yang menjadi produknya akan digunakan pada generator penghasil listrik untuk Electric Vehicle di ajang E-Prix.

Berikut daftar 31 perusahaan lokal sponsor Formula E Jakarta:
  1. INDOSAT OOREDOO HUTCHISON POWERED BY ERICSSON
  2. MS GLOW FOR MEN
  3. BANK ARTHA GRAHA INTERNATIONAL
  4. PERTAMINA RENEWABLE DIESEL
  5. ERAFONE
  6. ELECTRONIC CITY
  7. BANK DKI
  8. DISCOVERY HOTEL
  9. J WATER
  10. PAPRIKA
  11. GRAB
  12. REALME
  13. PT ANUGERAH UTAMA MULTIFINANCE
  14. TEH BOTOL SOSRO
  15. PT CENTRAL OMEGA RESOURCE TBK
  16. WALKING DRUM
  17. COCA COLA
  18. GULAVIT
  19. MEDIKA PLAZA
  20. ENESIS
  21. NESCAFE
  22. KRISBOW
  23. PT PROLINE FINANCE INDONESIA
  24. WASTE FOR CHANGES
  25. PT BANK CHINA CONSTRUCTION BANK TBK
  26. HYUNDAI
  27. SONY
  28. SAMSUNG
  29. SHARP
  30. LG
  31. PT. BMW INDONESIA.

Sumber: suara