Sosok Ulubatli Hasan, Pengibar Panji Turki Utsmani Saat Penaklukan Konstantinopel

[PORTAL-ISLAM.ID] Ulubatlı Hasan (kadang-kadang salah eja sebagai Uluabatlı Hasan), dalam bahasa Inggris Hasan of Uluabat. (lahir 1428).

Ulubatlı Hasan adalah seorang Timarli Sipâhî yang mengabdi pada Sultan Mehmed II (Sultan Muhammad Al Fatih) dari Kesultanan Utsmaniyah yang mencapai status legendaris sebagai martir (Syuhada) Utsmani yang heroik pada Pengepungan Konstantinopel yang sukses. 

Ia lahir di sebuah desa kecil bernama Ulubat (dekat Karacabey) di provinsi Bursa.

Pada usia 25 tahun ia hadir di Pengepungan Konstantinopel (yang dimulai 6 April 1453 – hingga 29 Mei 1453). 

Kekhalifahan Utsmani telah mencoba untuk mengambil Konstantinopel kota besar dan benteng terakhir Kekaisaran Romawi beberapa kali sebelumnya, tetapi kali ini, di bawah komando Sultan Mehmed II, yang berusia awal dua puluhan saat itu dan sudah menunjukkan potensi menjadi pemimpin militer yang hebat, sepertinya kemenangan sudah dekat. 

Namun terlepas dari beberapa serangan dan pukulan keras oleh meriam Utsmani, tembok ganda besar Konstantinopel bertahan selama 53 hari pengepungan.

Pada pagi hari terakhir pengepungan Konstantinopel, 29 Mei 1453, setelah shalat subuh, band militer Ottoman mulai memainkan salah satu lagu mereka dan kota itu diserbu. 

Ulubatlı Hasan termasuk yang pertama memanjat tembok benteng Konstantinopel diikuti oleh tiga puluh temannya. 

Dia hanya membawa kilij Ottoman, perisai kecil dan Bendera Ottoman. 

Dia memanjat tembok, di bawah hujan panah, batu, tombak, dan peluru. 

Dia mencapai puncak dan dia meletakkan bendera Ottoman, yang dia pertahankan sampai 12 temannya yang tersisa tiba. 

Setelah itu ia syahid dengan 27 anak panah masih di tubuhnya. 

Panji yang berkibar di puncak benteng telah menginspirasi pasukan Utsmaniyah dan menjaga semangat mereka. Sebaliknya, panji itu menjatuhkan moral musuh hingga akhirnya Utsmani berhasil menaklukkan Konstantinopel setelah bertahan selama 53 hari.

29 Mei 1453, adalah hari wafatnya Ulubatlı Hasan.