PERNYATAAN SIKAP & KECAMAN FORUM ULAMA-TOKOH UMAT BALIKPAPAM Atas Tulisan Rektor ITK Prof. Budi Santosa Yang Bernada Rasial

Bimillahirrahmaanirrahiim

PERNYATAAN FORUM ULAMA DAN TOKOH UMAT BALIKPAPAN (FORUMAT BALIKPAPAN) TENTANG BEREDARNYA TANGKAPAN LAYAR (SCREEN SHOOT) TULISAN PROF. BUDI SANTOSA PURWOKARTIKO 
(Rektor Institut Teknologi Kalimantan di Kota Balikpapan)

(1) Frasa “Mahasiswi” dan frasa “menutup kepala ala manusia gurun”, dapat dimaknai seorang wanita timur tengah, dalam hal ini adalah Muslimah yang mengenakan jilbab dan kerudung. 

Pernyataan ini merupakan pelecehan atau penistaan terhadap ajaran Islam, yaitu menutup aurat yang merupakan perintah wajib dari Allah SWT kepada setiap Muslim dan Muslimah.

(2) Frasa “mencari Tuhan bukan ke Negara Orang-orang Pandai Bercerita Tanpa Karya dan Teknologi”, merupakan penghinan terhadap negeri-negeri muslim di Timur Tengah pusat pendidikan dan ilmu Islam seperti Mesir, Yaman, dan tiga Kota Suci Umat Islam, yakni Makkah, Madinah dan Al-Quds Palestina. 

(3) Frasa “tidak bicara soal langit atau Kehidupan Sesudah Mati” merupakan penghinaan terhadap keyakinan Agama Islam tentang Negeri Akhirat yang merupakan bagian dari Rukun Iman.

(4) Ringkasnya, tulisan yang bersangkutan merupakan bukti nyata hasil dari pengamalan kehidupan sekuler di dunia pendidikan yang hanya mengedepankan nilai-nilai materi semata tanpa mementingkan aspek keimanan dan nilai agama.

(5) Mengutuk tulisan yang bersangkutan karena menghina keimanan dan ajaran Islam dan dapat menimbulkan rusaknya kondusifitas masyarakat, khususnya di Kota Bailkpapan, kota madinatul iman.

(6) Mengajak kepada para tokoh, alim ulama, asatidz, kiai, para guru, habaib, umat Islam secara khusus dan masyarakat Indonesa pada umumnya agar kembali kepada ajaran Islam kaffah untuk kehidupan negeri yang kebih baik yang diridhoi oleh Allah SWT.

Balikpapan, 03 Mei 2022

(FORUM ULAMA & TOKOH UMAT BALIKPAPAN)

[Video]