MASYA ALLAH... Ternyata Corak Lantai JIS Sudah Didesain Membentuk Saf Salat dan Menghadap Kiblat

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali menyatakan kegiatan salat Idul Fitri di Jakarta Internasional Stadium (JIS) merupakan implementasi dari arahan Gubernur Anies Baswedan untuk menghadirkan ruang ketiga bagi warga Jakarta. Marullah juga mengatakan salat Id di JIS digelar atas permintaan warga.

"Wujud kehadiran JIS ini lebih dari sekadar stadion olahraga. JIS bisa digunakan untuk mendukung kegiatan keagamaan dengan penyelenggaraan salat Idul Fitri," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali yang dikutip melalui rilis dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta.

Marullah menyatakan prinsipnya, JIS merupakan stadion yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk kegiatan keagamaan. Lebih spesial lagi, kata dia, corak lantai di JIS sudah didesain membentuk saf salat serta menghadap kiblat.

"Ditambah lagi, corak lantainya membentuk saf salat dan menghadap kiblat. Selain itu, JIS juga bisa dipakai mendukung kegiatan kebudayaan dengan penyelenggaraan malam takbiran berupa atraksi bedug. Masyarakat bisa saling berinteraksi dalam kegiatan apapun di JIS sebagai ruang ketiga," jelasnya.

Di sisi lain, masyarakat juga sudah diimbau tidak membawa koran maupun kemasan makanan dan minuman sekali pakai ke dalam area JIS. Karena, JIS didesain sebagai green building.

"Mengingat JIS merupakan green building, maka masyarakat diimbau untuk berperilaku peduli terhadap lingkungan. Tidak membawa kemasan makan/minum sekali pakai, membawa tumbler minum sendiri, membawa kantong ramah lingkungan untuk sandal/sepatu dan tidak membawa koran agar tidak menjadi sampah setelah salat," imbuhnya.

Terkait desain pola lantai JIS yang menghadap kiblat juga disampaikan oleh pihak desainer.

"Pola plaza bagian luar stadion sengaja kami buat sesuai dengan arah shaf sholat," kata Lunalda Kanzeila di akun twitternya @kanzeila.

"Idenya memang supaya org bs sholat di plaza. Menyiasati keterbatasan ruang untuk kapasitas penonton yang luar biasa banyak," ujarnya.

"Keseluruhan rancangan kawasan stadion ini adalah hasil diskusi panjang antara pihak klien (pemprov DKI), tim arsitek beserta tim perencana lainnya, hingga tim pembangunan," ungkapnya.

SIMAK SELENGKAPNYA....