Kemlu Sayangkan Penyambutan Jokowi di AS Disorot Netizen Tanpa Paham Situasinya

[PORTAL-ISLAM.ID] Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyayangkan anggapan negatif yang muncul di media sosial saat kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak disambut pejabat tinggi Amerika Serikat. Kemlu mengatakan mereka yang beranggapan negatif itu tak paham situasi yang sebenarnya.

"Sangat disayangkan mengambil kesimpulan tanpa paham situasi sebenarnya," kata juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Kamis (11/5/2022).

Faizasyah mengatakan kedatangan Jokowi bukan dalam rangka kunjungan bilateral, melainkan untuk menghadiri ASEAN-US Summit.

"Kunjungan Presiden RI ke Washington DC bukan kunjungan bilateral, namun dalam rangka menghadiri ASEAN-US Special Summit," ujarnya.

Faizasyah menuturkan bukan hanya Jokowi yang tidak disambut pejabat tinggi AS. Dia menyebut ada juga pemimpin negara lain yang hanya disambut pejabatnya masing-masing.

"Di hari ketibaan 10 Mei, terdapat pula PM Kamboja, PM Malaysia, dan PM Vietnam dan masing-masing dijemput oleh pejabat yang sama," ujarnya.

Untuk diketahui, Jokowi, yang didampingi sang istri, Iriana Jokowi, serta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington, DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS) atau Rabu, 11 Mei 2022, pukul 08.40 WIB.

Kedatangan Jokowi itu disambut oleh Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani. Tidak ada pejabat AS yang menyambut Jokowi dan rombongan.

Jokowi dan rombongan kemudian menuju hotel tempatnya menginap, dan akan memulai agenda kerjanya esok hari.

Setiba di hotel tempatnya menginap, Jokowi dan Ibu Iriana disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang tiba lebih awal.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Jokowi bakal mengikuti serangkaian pertemuan selama menghadiri KTT khusus ASEAN-AS di Washington pada 11-13 Mei 2022. Berikut sejumlah pertemuan yang akan dihadiri Jokowi:

1. Pertemuan dengan anggota Kongres;
2. Pertemuan dengan para CEO besar Amerika;
3. Pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika; dan
4. Pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.


INILOH NETIZEN USIL 👇