Wartawan Senior: Gibran Contoh Pemimpin Karbitan Andalkan Para Bandar Bisnis

[PORTAL-ISLAM.ID]  Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Gibran) merupakan pemimpin karbitan yang tidak bisa memberikan solusi permasalahan di daerahnya. 

“Gibran contoh pemimpin karbitan yang mengandalkan para bandar bisnis yang hidup dari proteksi politik,” kata wartawan senior 

Gigin Praginanto di akun Twitter-nya @giginpraginanto, Selasa (26/4/2022). Gigin mengatakan seperti itu menanggapi berita dari democrazy.id berjudul “Didemo Soal Perdagangan Daging Anjing, Gibran: Solusinya Apa? Kalau Tak Beri Solusi Sing Pusing Aku” 

Pemerhati Politik dan Kebangsaan Rizal Fadillah menilai Gibran miskin pengalaman politik bahkan pernah menyatakan tidak akan terjun ke kancah politik. Namun di usia 33 tahun Gibran tiba-tiba ia meniru jejak ayahnya maju dalam Pilkada Solo.

“Orang melihat Gibran menjadi Wali Kota Solo ditentukan oleh faktor orangtua Presiden Jokowi. Faktor ini yang membuat mayoritas partai politik mendukungnya. Oligarki politik istana dinilai sangat mempengaruhi. Gibran pun berhasil tak tersentuh dari keterkaitan korupsi Mensos Juliari Batubara. Soal goodie bag yang diramaikan,” ungkap Rizal.[suaranasional]