Hanya Butuh 60 Hari, FEO Sebut Sirkuit Formula E Jakarta Jadi Pembangunan Sirkuit Tercepat di Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Perwakilan Formula E Operation (FEO) Nuno Fernandez mengungkapkan rasa kagumnya terhadap pembangunan sirkuit Formula E Jakarta yang pengaspalannya akan rampung sebentar lagi. 

Nuno mengatakan, pembangunan sirkuit Formula E yang ada di Ancol merupakan pembangunan sirkuit tercepat pertama di dunia yang hanya membutuhkan waktu 60 hari. 

"Proyek ini sampai saat ini yang pertama di dunia membangun sirkuit permanen dari awal dan hanya membutuhkan waktu 60 hari," kata Nuno dalam video yang diunggah dalam akun instagram Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kamis (7/4/2022).

Sirkuit Ancol atau yang dinamai Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) memiliki panjang 2,4 kilometer dengan jumlah tikungan sebanyak 18. 

Ancol timur dipublikasi sebagai lokasi sirkuit pada 22 Desember 2021 lalu dengan beragam kontroversi, salah satunya adalah area berlumpur yang mencakup 40 persen lokasi pembangunan. 

Tender sirkuit Formula E juga sempat gagal. PT Jaya Konstruksi kemudian dipilih sebagai pemenang tender kedua dan mulai melakukan pembangunan pada 3 Februari 2022 dengan prakiraan waktu pembangunan 54 hari. 

Namun, pembangunan tidak langsung berjalan lancar. FEO sempat memberikan revisi atas pembangunan sirkuit Formula E karena kurangnya aspek keselamatan di sirkuit tersebut.

Pembanguan yang sebelumnya diperkirakan selesai 27 Maret 2022 itu akhirnya harus molor selama dua pekan. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan, pengaspalan bisa selesai dalam sepekan dan pembangunan tribune penonton akan dilakukan setelah lebaran. 

Riza juga menyebut pembangunan sirkuit secara keseluruhan selesai pada 28 April 2022 mendatang, termasuk dari grandstand dan beberapa persiapan lainnya. 

"Dan setelah lebaran mulai dibuat tribune, insya Allah persiapannya sudah sangat baik," ucap Riza, Kamis. [kompas]
Baca juga :