Bersegeralah Beramal Shaleh Sebelum Datangnya 7 Perkara

Bersegeralah mengerjakan amalan shaleh sebelum datangnya 7 perkara:

1- Kemiskinan yang melalaikan
2- Kekayaan yang menyombongkan
3- Sakit yang melumpuhkan
4- Usia tua yang menjompokan
5- Kematian yang datang tiba-tiba
6- Atau Dajjal, dialah seburuk yang dinanti
7- Atau Kiamat dan ia lebih buruk dan lebih pahit.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَادِرُوا بِالْأَعْمَالِ سَبْعًا هَلْ تَنْتَظِرُونَ إِلَّا فَقْرًا مُنْسِيًا أَوْ غِنًى مُطْغِيًا أَوْ مَرَضًا مُفْسِدًا أَوْ هَرَمًا مُفَنِّدًا أَوْ مَوْتًا مُجْهِزًا أَوْ الدَّجَّالَ فَشَرُّ غَائِبٍ يُنْتَظَرُ أَوْ السَّاعَةَ فَالسَّاعَةُ أَدْهَى وَأَمَرُّ قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ مِنْ حَدِيثِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ مُحْرِزِ بْنِ هَارُونَ وَقَدْ رَوَى بِشْرُ بْنُ عُمَرَ وَغَيْرُهُ عَنْ مُحْرِزِ بْنِ هَارُونَ هَذَا وَقَدْ رَوَى مَعْمَرٌ هَذَا الْحَدِيثَ عَمَّنْ سَمِعَ سَعِيدًا الْمَقْبُرِيَّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ وَقَالَ تَنْتَظِرُونَ

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: 

"Segeralah beramal (sebelum kedatangan) tujuh hal, tidaklah kalian menunggu selain kefakiran yang membuat lupa, kekayaan yang melampaui batas, penyakit yang merusak, masa tua yang menguruskan, kematian yang menyergap tiba-tiba, Dajjal, seburuk-buruk hal gaib yang dinanti-nanti, kiamat dan kiamat itu sangat membawa petaka dan sangat pahit." 

(HR. ImamTirmidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah hadits hasan).

***

Bersegeralah dalam berbuat baik sebelum datang tujuh kondisi yang membuat manusia lemah iman, fisik dan psikis.

(1) Faqran munsian ( فَقراً مُنسياً) 

Kefakiran/kemiskinan yang membuat manusia banyak lupa terhadap kemaslahatan untuk dirinya seperti salat wajib, puasa wajib dll, karena disibuki oleh mencari rizki.

(2) Ghinan muthghiyan ( غِنىً مُطغِياً) 

Kekayaan yang membuat manusia sombong karena memiliki banyak harta, anak, keluarga, rumah mewah, mobil mewah dan bahkan kedudukan yang tinggi. Umumnya manusia ketika dalam kondisi seperti ini lupa dan sombong.

(3) Marodon mufsidan ( مَرَضاً مُفسِداً)

Penyakit yang membuat kondisi manusia tidak stabil. Manusia apabila dalam keadaan sehat hidup terasa luas, hatipun tenang dan dapat bersikap ramah terhadap orang lain. Tapi sebaliknya apabila dalam keadaan sakit sermua kondisi terbalik.

(4) Haraman mufnidan ( هَرَماً مُفْنداً)

Kondisi tua yang mayoritas terkena penyakit pikun. Badan sudah lemah. Susah berjalan.

(5) Mautan mujhizan ( مَوتاً مُجْهزاً) 

Kematian yang datangnya secara tiba-tiba. Terkadang dalam perjalanan, baik di dalam pesawat atau sedang berjalan kaki.

(6) Dajjal (الدَّجَّالَ)

Kedatangan Dajjal. Ddalam bentuk sifat Mubalagah, bermakna pembohong besar. Dalam hadits dikatakan Syarrun Ghaib Yuntazar, artinya kejahatan yang tidak dapat diketahui kapan datangnya tetapi pasti datang. Dajjal adalah seorang laki-laki yang akan muncul pada akhir zaman. Mengaku dirinya sebagai tuhan. Diberikan kekuatan melebihi dari manusia biasa. Dapat menurunkan atau menyetop hujan, tanah yang kering kerontang dapat disuburkan seketika dan dapat ditumbuhi pohon-pohon. Mata sebelah kanannya buta. Tertulis di dahinya bacaan “kafir”. Sedikit yang bisa selamat dari fitnah Dajjal. Yang dapat membunuhnya hanya seorang yaitu nabi Isa as.

(7) Hari kiamat (السَّاعَةَ)

Datangnya hari kiamat secara tiba-tiba. 

بَلِ ٱلسَّاعَةُ مَوۡعِدُهُمۡ وَٱلسَّاعَةُ أَدۡهَىٰ وَأَمَرُّ ٤٦

"Sebenarnya hari Kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit." [QSAl-Qamar 46]

Baca juga :