Anies Diteriaki 'Presiden' di Lokasi Kebakaran Pasar Gembrong

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran pemukiman padat penduduk di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022) pagi. Warga berteriak 'Anies Presiden!' pada kesempatan itu.

Pantauan CNNIndonesia.com, Anies tiba sekitar pukul 10.30 WIB. Ia dampingi sejumlah pejabat di antaranya Kepala Pelaksana BPBD DKI, Isnawa Adji dan Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko dan Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar.

Saat tiba, Anies langsung berkeliling ke lokasi kebakaran dan posko pengungsian. Ia berdialog dengan warga korban kebakaran. Beberapa warga menyampaikan peristiwa itu kepada Anies.

"Hangus pak," kata salah seorang warga.

"Sabar ya," jawab Anies.

Ketika berkeliling itu, sejumlah warga sempat melontarkan kata-kata "Anies Presiden".

"Anies Presiden," kata salah seorang warga. 

"Siap jadi Presiden, Pak? kita pendukung berat cuman lagi kena musibah, tapi alhamdulillah didukung sama bapak, pendukung bapak jadi datang," kata salah seorang warga.

Mendengar pertanyaan itu, apa kata Anies?

"Ini lagi kebakaran, Pak," jawab Anies.

"Ya makanya tapi tetap semangat, Pak. Walau musibah tetap semangat, Pak," ujar warga.

"Masya Allah," jawab Anies takjub.

Diketahui, kebakaran hebat melanda Pasar Gembrong, Jakarta Timur akibat konsleting listrik di rumah seorang warga pada Minggu (24/4/2022) malam. Pemilik rumah sempat berteriak 'kebakaran' ketika awal insiden itu terjadi. Mendengar itu, warga langsung membantu berupaya memadamkan api.

Meski demikian, api tak dapat ditanggulangi oleh warga karena cepat merembet ke bangunan sekelilingnya sehingga lebih membesar.

Petugas Damkar sudah menerjunkan 130 personel dan sebanyak 26 unit mobil pemadam kebakaran. Api berhasil dijinakkan dan proses pendinginan sekitar pukul 01.08 WIB. Petugas juga melakukan penyisiran di lokasi.

Pemadam Kebakaran mencatat jumlah terdampak 450 KK atau sekitar 1.000 jiwa.

"450 KK, 1.000 jiwa (5 RT) terdampak," kata Kasiops Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman, dalam keterangannya, Senin (25/4).

Kebakaran hebat itu menghanguskan 400 bangunan rumah dan pertokoan di 5 RT di RW 01. Kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.


*Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memeluk warga yang terdampak kebakaran Pasar Gembrong (Wilda/detikcom)

[VIDEO]