SEDEKAH KE HEWAN, TRADISI ISLAM

SEDEKAH (SESAJEN) KE HEWAN

Foto di atas adalah kebiasaan kaum muslimin Turki di mana ketika tiba puncak musim dingin, mereka akan mendaki bukit-bukit salju lalu menaburkan gandum dan biji-bijian diatasnya.

Kebiasaan ini berasal dari Tradisi Umat Islam tempo dulu yang masih terjaga hingga hari ini. 

Tujuannya adalah untuk memberi makan hewan khususnya burung-burung agar tidak mati kelaparan, yang mana memang di musim dingin makanan akan sulit mereka dapatkan.

Kebiasaan ini bermula saat masa pemerintahan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz, dimana beliau memerintahkan :

"Taburkanlah gandum di atas bukit dan pegunungan agar tidak ada yang mengatakan burung-burung kelaparan di negeri kaum muslimin."

Nah, kalau niat beneran mau memberi "sajen" ke hewan, bisa mencontoh yang begini...

Dari Abu Hurairah raḍiyallāhu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Suatu ketika, seorang pria berjalan di jalanan, ia merasakan haus yang hebat. Lalu ia menemukan sebuah sumur, kemudian ia turun ke dalamnya dan minum. Lalu ia keluar, ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya menjilat tanah karena kehausan. Pria itu berkata, ‘Anjing ini telah merasakan haus seperti yang kurasakan.’ Maka ia pun turun ke sumur, lalu memenuhi sepatunya dengan air, lalu menahannya dengan mulutnya hingga ia naik lalu memberi minum anjing itu. Maka Allah pun mensyukurinya (atas hal itu), lalu mengampuni dosanya.” 

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami mendapatkan pahala menolong hewan-hewan itu?” 

Beliau menjawab, “Dalam setiap lambung yang basah itu ada pahala.” 

[HR Bukhari – Muttafaq ‘alaih]