Profil Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana (Gerindra), Bakal Gantikan (Alm) Oded M Danial

[PORTAL-ISLAM.ID] BANDUNG -  Walikota Bandung Oded M Danial meninggal pada hari Jumat, 10 Desember 2021.

Yana Mulyana yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota bakal menggantikan posisi sementara jabatan Walikota Bandung selanjutnya.

Mengingat kekosongan jabatan selepas ditinggal Walikota Bandung Oded M Danial, wakilnya secara otomatis bisa naik mengisi jabatan kosong tersebut.

Profil Yana Mulyana

Yana Mulyana merupakan putra daerah asli Bandung yang lahir pada 17 Februari 1965, ia merupakan seorang pengusaha yang cukup terkenal di bidangnya. 

Lalu terjun ke dunia politik bergabung dengan Partai Gerindra dan diusung mendampingi Oded M Danial sebagai Wakil Walikota Bandung dan terpilih melalui Pilkada tahun 2018.

Pasangan Oded M Danial - Yana Mulyana diusung oleh koalisi PKS-Gerindra di Pilkada Bandung 2018. 

Pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana unggul telak memperoleh 634.682 suara (50,10 persen) dari total 1.305.872 suara. 

Urutan dua pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna meraup 330.730 suara. Pasangan ini diusung PDI-P, Hanura, Nasdem dan PPP.  

Urutan tiga pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat memperoleh 301.418 suara. Pasangan ini diusung partai Partai Golkar, Demokrat, PKB.  

Sebelum menjadi Wakil Wali Kota Bandung, Yana dikenal sukses sebagai pengusaha. Ia juga memiliki bisnis properti dan beberapa lini usaha lainnya. Ia, juga pendiri radio Rase FM. 

Sukses dengan Rase FM, Yana berkiprah sebagai pengusaha serta memimpin sejumlah organisasi seperti Ketua PSSI Kota Bandung dan REI (Real Estate Indonesia) Jawa Barat.

Selain menjadi ketua PSSI Kota Bandung, Yana Mulyana juga pernah menjabat sebagai ketua HIPMI Jabar dan ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI-Polri Indonesia (GM-FKPPI).

Yana Mulyana sekarang menjabat Ketua Dewan Penasehat DPC Partai Gerindra Kota Bandung.

Demikian profil singkat Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana.