Jumlah 6.666 Ayat Itu Dari Mana Rujukannya?

Jumlah 6.666 Ayat Itu Dari Mana Rujukannya?

Oleh: Ustadz Ahmad Sarwat

Sejak kecil saya dikenalkan para guru ngaji bahwa jumlah ayat Al-Quran adalah 6.666 ayat. Kemudian ketika mulai aktif ikut kajian, dapat nambah informasi bahwa jumlah itu terkoreksi, yang benar adalah 6.236 ayat. Sedangkan jumlah 6.666 ayat waktu itu dianggap keliru.

Namun apa benar jumlah 6.666 itu keliru? Kalau keliru, kenapa penyebutan jumlah 6.666 itu sebegitu viral dan terkenal. Sebenarnya bagaimana ceritanya?

Bukan apa-apa, saya hanya penasaran saja dengan angka 6.666 ayat. Angka inilah yang justru paling banyak dikenal oleh umat Islam di negeri kita, bahkan juga di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Brunai, Singapura, Thailand dan bahkan di negara lainnya. 

Tidak banyak yang tahu jawabannya, sebagaimana Saya sendiri pun pun agak kerepotan mencari rujukan, sampai akhirnya menemukan jejak informasinya setelah lama mencari. 

Setidaknya ada dua sumber yang memberi penjelasan bagaimana angka 6.666 ini. Pertama adalah Syekh Nawawi al-Bantani  (w. 1316 H/1897 M) dan kedua adalah Dr. Wahbah Az-Zuhaili.  

Ternyata angka 6.666 itu bukan angka yang bersifat eksak, melainkan angka yang sifatnya penghitungan secara global alias gelondongan, dengan menyebutkan jumlah ayat pada tema-tema tertentu. 

Rinciannya adalah pada tabel berikut ini :