Erdogan Desak Negara Eropa Hentikan Islamofobia dan Rasisme

[PORTAL-ISLAM.IDRasisme, Islamofobia, xenofobia, dan diskriminasi menjadi masalah utama bagi komunitas Turki (dan masyarakat Muslim) di Eropa, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Istanbul, Sabtu (16/10/2021), Erdogan mengatakan: "Komunitas Turki di Jerman merupakan kekayaan kita bersama dan memegang aspek sosial penting dari hubungan kita."

Presiden Erdogan mendesak negara-negara Eropa untuk mengambil tindakan efektif terhadap semua perlakuan Islamofobia, diskriminatif dan serangan rasis.

Erdogan menyatakan harapan bahwa Merkel akan terus berkontribusi pada persahabatan antara kedua negara setelah meninggalkan jabatannya.

Presiden Turki itu juga menyatakan harapan bahwa pekerjaan sukses yang mereka lakukan dengan kanselir Jerman akan berlanjut dengan cara yang sama di bawah pemerintahan Jerman yang baru.

Sementara itu, Merkel mengatakan dukungan UE kepada Turki tentang migrasi akan terus berlanjut.

"Kami ingin mencegah perdagangan manusia. Sangat penting ... bagi UE untuk mendukung Turki dalam hal ini," katanya.

Merkel menekankan bahwa Turki dan Jerman selalu memiliki kepentingan bersama, dan menambahkan bahwa ini akan dilihat oleh pemerintah federal berikutnya.

(TRT World)