CDC: Tidak Perlu Tes PCR Bagi Yang Sudah Vaksin Penuh, Untuk Melakukan Perjalanan Domestik

CUKUP!

Dear pemerintah,

CDC Amerika Serikat, kamu harusnya tahu CDC ini apa, telah lama sekali merilis peraturan: siapapun yang sudah fully vacinated, tidak diperlukan lagi test untuk melakukan perjalanan domestik.


Di sana ditulis dengan sangat jelas: You do NOT need to get tested or self-quarantine if you are fully vaccinated or have recovered from COVID-19 in the past 3 months. You should still follow all other travel recommendations.

Nah, yang harus test PCR/antigen itu hanyalah yang belum fully vaccinated. Atau jika melakukan perjalanan dari LN.

Dear pemerintah,

Kamu harusnya tahu, dalam sehari, ada 35.000 test PCR di Indonesia ini. Ada 90.000 test antigen. Berhentilah 'pesta pora' meraup uang dalam kondisi susah begini. Kalikan dengan harga test PCR yang 500.000-800.000 dan antigen yang 100.000-180.000, itu berarti sehari ada Rp 25-35 milyar. Jika ini teruuus kamu lakukan, sebulan Rp 1 trilyun sendiri.

Itu duit semua. 

Dan rakyat dipaksa untuk test, dipaksa untuk menghabiskan waktu, dll, dsbgnya, padahal best practice di LN sana, CDC Amerika Serikat, telah lama menghapusnya. Sekali seseorang itu sudah fully vaccinated, maka dia bisa melakukan perjalanan tanpa ribet. 

Ayolah, semoga kamu mau memikirkannya. 

Saya tahu, WHO, CDC, dll itu memang harus belajar lagi dengan Indonesia soal penanganan pandemi. Karena di Indonesia itu, adalah contoh paling hebat sedunia. Kita punya aplikasi paling dahsyat sedunia. Apalagi pejabat-pejabatnya, kita diberkahi dengan pejabat-pejabat multitalent, multitasking, multi level marketing, dll. Tapi sekali ini, cobalah kita nyontoh mereka. CDC tentu tidak akan sembarangan membuat regulasi tsb.

Mending kamu terus fokus vaksin. Katanya Agustus 2 juta per hari, itu tidak tercapai. Cuma omong bombastis doang. September ini ayo kejar 2 juta per hari. Cukup 'meraup' uang di jaman susah begini. Jangan bikin repot rakyat. Kecuali, jika kamu tetap mengotot sekali harus test ini, test itu, MAKA gratiskan test PCR dan antigen ini. 

Susaaah sekali loh ngasih tahu kalian, Tuan, Nyonya.

(By Tere Liye)