Taliban Kutuk Keras Serangan Bom Dekat Bandara Kabul di Bawah Kendali AS

[PORTAL-ISLAM.ID] Taliban mengutuk keras serangan bom mematikan di dekat bandara Kabul, Afghanistan, Kamis (26/8/2021). Mereka menyebut daerah itu berada di bawah kendali militer AS.

"The Islamic Emirate mengutuk keras pemboman yang menargetkan warga sipil di bandara Kabul," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid di Twitter.

"Ledakan itu terjadi di daerah di mana pasukan AS bertanggung jawab atas keamanan," ujar juru bicara Taliban.

Taliban (Imarah Islam) menegaskan akan menindak tegas pihak yang bertanggungjawab atas serangan itu.

Para pejabat AS percaya ISIS-K kemungkinan berada di balik serangan bom di bandara Kabul. AS masih berusaha mengonfirmasi keterlibatan kelompok teror itu.

Sumber mengatakan kepada CNN bahwa diperlukan beberapa jam sebelum para pejabat AS dapat mengidentifikasi individu-individu tertentu yang melakukan pemboman bunuh diri.

Sementara itu sinyal peringatan telah ada di luar sana sejak tiga hari sebelumnya.

Selama seminggu terakhir Presiden AS Joe Biden dan Pentagon telah memperingatkan serangan ISIS di bandara karena ancamannya menjadi lebih kompleks.

Biden menggunakan sinyal ini sebagai alasan untuk mengeluarkan pasukan AS pada batas waktu yang ditentukan. Dia juga menjanjikan respons cepat dan kuat terhadap gangguan apa pun terhadap operasi evakuasi.

Pada Rabu lalu, kekhawatiran terkait keamanan di sekitar Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul telah meningkat. Hal itu berdasarkan "aliran ancaman yang sangat spesifik" dari ISIS-K tentang serangan yang direncanakan terhadap orang banyak di luar bandara.

AS percaya ISIS-K, yang merupakan musuh bebuyutan Taliban, ingin membuat kekacauan di bandara. Mereka memiliki hubungan intelijen yang menunjukkan bahwa mereka mampu dan berencana untuk melakukan beberapa serangan, kata seorang pejabat pertahanan kepada CNN.

(Sumber: CNN)

Baca juga :