HUT RI 76, Anies Baswedan Resmikan Wajah Baru Kampung Akuarium Yang Dibangun Kembali

DULU...
Senin 11 April 2016, hari yang tak terlupakan bagi warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menggusur warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Warga saat itu melawan, menolak penggusuran dengan segala daya dan upaya.

Namun pada akhirnya tak berdaya menghadapi ribuan aparat gabungan yang dikerahkan.

KINI.. 
Alhamdulillah, tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-76, 17 Agustus 2021, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikan Kampung Susun Akuarium, Jakarta Utara, sore nanti pukul 15.00 WIB. 

Sebelum peresmian, warga Kampung Akuarium sudah menggelar tasyakuran pada Senin malam, 16 Agustus 2021.

Koordinator Advokasi Urban Poor Consortium (UPC) Gugun Muhammad mengatakan, Pemerintah DKI sudah menyelesaikan pembangunan 2 dari 5 menara Kampung Susun Akuarium.

Sebelumnya, peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Akuarium dilakukan pada 17 Agustus 2020

Pembangunan dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Nomor 878 tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat. Dalam keputusan itu, Kampung Akuarium menjadi satu di antaranya 21 kampung yang diprioritaskan untuk ditata.

Anies mengatakan pembangunan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara harus menjadi contoh penataan kampung di Ibu Kota. Kampung di Ibu Kota harus dijauhkan dari kesan kumuh atau tak bersih.

Proyek ini masuk dalam program community action plan (CAP). Konsep Kampung Susun Akuarim dibahas bersama oleh masyarakat, ahli, fasilitator, dan pemerintah.

Rumah warga di Kampung Akuarium sebelumnya digusur di jaman pemerintahan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Anies pun membangun kembali rumah warga dengan konsep Kampung Susun Akuarium. Nantinya akan ada lima blok kampung susun dengan total 241 unit hunian di atas tanah seluas 10.300 meter persegi itu. Pemerintah DKI membangun 32-56 unit hunian tipe 36 di setiap blok.