Di Luar Kebiasaan, Luhut Binsar Pandjaitan Tiba-tiba Puji Anies Baswedan, Ada Apa?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sudah menjadi rahasia umum, Gubernur DKI Jakarta kerap kali dianggap bersembrangan dengan pemerintah pusat, khususnya terkait kebijakan penanganan Covid-19. Namun, di luar kebiasaan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan tiba-tiba puji Anies Baswedan.

Menko Kemaritiman yang juga Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan tak sungkan memuji keberhasilan Gubernur DKI, Anies Baswedan dalam mengendalikan Covid-19 di masa PPKM Darurat.

Luhut menyebut, DKI merupakan daerah paling berhasil dalam menerapkan PPKM Darurat. Hal itu disampaikannya dalam jumpa pers virtual, Sabtu, 17 Juli 2021.

Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Daerah Paling Berhasil DKI Jakarta. Menurutnya, hampir dua pekan PPKM Darurat sudah mulai terlihat ada penurunan penambahan kasus baru Covid-19, serta pengurangan mobilitas masyarakat.

Ia menyebutkan, daerah yang paling terlihat hasilnya seperti DKI Jakarta dan Bali.

"Kami melihat ada beberapa daerah yang mencapai penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakatnya sudah cukup baik dan penambahan kasusnya sudah flattening dan menurun," ujarnya.

"Seperti DKI Jakarta dan saya lihat Bali juga akan menurun penambahannya dalam 1 minggu ke depan," imbuhnya.

Meski begitu, Luhut memprediksi masih akan ada kenaikan jumlah kasus positif COVID-19 dalam 2-3 hari ke depan.

Sebab, laju penularan virus corona saat ini masih dalam masa transisi selama 14-21 hari, hingga akhirnya penambahan kasus mulai bisa menurun setelah periode PPKM Darurat Juli nanti.

Walaupun mungkin masih akan naik dalam 2-3 hari ke depan, tapi kalau kita konsisten, semua saya lihat akhir Juli posisi kita akan semakin baik," katanya.

"Oleh karena itu, saya minta teman-teman di semua tempat, di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur untuk bahu membahu, dan tempat lain penjuru Tanah Air untuk melawan varian Delta ini," tandasnya.[pikiranrakyat]