Hasmi Bakhtiar: Apakah Islamophobia bisa datang dari seorang muslim? Sangat bisa!

[PORTAL-ISLAM.ID] Bahasan tentang 'Islamophobia' lagi rame di Twitter setelah film animasi Nussa dituding dan dilabeli Taliban hanya gara-gara pakaiannya.  

Salah satu yang prihatin dengan kampanye Islamophobia adalah mantan artis yang kini jadi istri AHY, Annisa Pohan.

Annisa Pohan heran kenapa buzzer-buzzer ini menyerang Islam, padahal agamanya juga Islam.

"Kenapa ya buzzer-2 itu islamophobia padahal dirinya juga Islam, film animasi berprestasi utk anak-2 bernuansa islam dengan nilai-2 positif aja jd masalah utk mereka. Hidupnya penuh kecurigaan tak beralasan. sangat negatif. Indonesia bangkit yuk! jauhkan diri dari racun2 buzzers," ujar Annisa Pohan di akun twitternya @AnnisaPohan, Selasa (22/6/2021).

Label Islamophobia ini ternyata cukup menohok dan bikin kepanasan para buzzer.

Hal ini kemudian sampai membuat Denny Siregar membantah tuduhan Islamophobia. Denny berdalih dirinya itu beragama Islam, masa dituduh Islamphobia.

"Gua itu Islam, masak dituduh Islamphobia.. Tapi kalau kadrunphobia bisa jadi. Liat kadrun kayak liat kecoak. Takut ngga, tapi geli..," kicau Denny Siregar.

APAKAH ISLAMOPHOBIA BISA DATANG DARI SEORANG MUSLIM?

Pengamat Internasional yang menempuh studi master Hubungan Internasional di Lille Prancis dan juga Alumni Al-Azhar Mesir, Hasmi Bakhtiar menegaskan Islamophobia sangat bisa datang dari seorang muslim.

"Apakah Islamophobia mungkin terjadi di negara muslim? Mungkin. Ketika sebuah film yang ada unsur Islaminya difitnah, itu Islamophobia. Ketika seseorang dibenci karena berpakaian Islami, itu Islamophobia. Apakah Islamophobia bisa datang dari seorang muslim? Sangat bisa," kata Hasmi Bakhtiar di akun twitternya pagi ini, Rabu (23/6/2021).

"Islamophobia memang dagangan Barat yang puncaknya pasca tragedi 11 September. Tapi tidak sedikit muslim yang membelinya bahkan menikmatinya. Motifnya apa? Macam-macam," ungkap Hasmi.

"Islamophobia ini sudah jadi dagangan basi di Barat. Gak penting lagi sebenarnya dibahas. Tadi sekedar jawab pertanyaan netijen yang budiman :)," tutupnya.