Malaysia Siap Kirim Pasukan Perdamaian ke Palestina

[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan negaranya siap mengirim pasukan ke Palestina untuk misi menjaga perdamaian asal ada permintaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ia menjelaskan Malaysia tidak bisa mengirim tentara untuk misi seperti itu atas kemauannya sendiri, tanpa undangan dari PBB. Selain melibatkan hukum internasional, Malaysia tidak dapat membuat keputusan sepihak.

"Kalau PBB meminta pasukan kami ada di sana, maka kami akan kirim, Insya Allah," katanya dikutip dari New Straits Times, Selasa, 18 Mei 2021.

Ismail Sabri mengatakan Malaysia biasa mengirim tentaranya untuk misi penjaga perdamaian di bawah PBB seperti ke Lebanon, Sierra Leone, Filipina, Sudan, dan Kongo.

Kemarin, Malaysia, Indonesia dan Brunei menyerukan intervensi internasional untuk mengatasi konflik Palestina-Israel yang sedang berlangsung, mendesak agar sidang Majelis Umum PBB darurat diadakan untuk menyelesaikan situasi tersebut.

Dalam pernyataan bersama, para pemimpin dari tiga negara itu mendorong ASEAN menghasilkan Resolusi Perdamaian untuk mengakhiri kekejaman yang dilakukan terhadap orang-orang Palestina.

Pernyataan tersebut ditandatangani oleh Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah.

(Sumber: NEW STRAITS TIMES/Tempo)