Sosok Haji Afwan: Pilot Sriwijaya Air yang Dikenal Santun dan Agamis

Sosok Haji Afwan: Pilot Sriwijaya Air yang Dikenal Santun dan Agamis

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang mengangkut 56 orang dilaporkan jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) siang. Pilot pesawat itu adalah Capt Afwan.

Capt Afwan tinggal di perumahan Bumi Cibinong Endah Blok A3, RT 02, RW 10, Bogor, Jawa Barat. Capt Afwan oleh warga sekitar dikenal sosok yang soleh dan sering memberikan tausiyah di masjid sekitar. 

Ketua Rukun Tetangga (RT), Agus Pramudibyo mengatakan, Capt Afwan biasa disebut warga sekitar dengan nama Haji Afwan. Haji Afwan, kata Agus, dikenal sebagai sosok yang memiliki kepribadian santun dan soleh. Selain santun, Haji Afan juga dikenal agamis. Sering mengenakan peci putih. 

"Beliau sosok yang baik, baik sekali ya, terus santun orangnya. Saya terakhir ketemu kemarin Jumat. Kondisinya belum tahu. Sosok beliau itu santun baik kalau kadang ada arisan warga itu beliau ngisi tausiyah," ujarnya, Sabtu (9/1), dilansir kumparan.

Agus teringat terakhir kali bertemu dengan Haji Afwan itu sedang membagikan makanan usai prosesi akikah salah satu warga pekan lalu. 

"Terakhir saya bertemu beliau saat mengantar orang mau aqiqah. Waktu itu hujan, beliau nawarin payungin saya. 'Pak saya payungin pak' waktu saya nganter besek. Saya enggak ada firasat. Saya kurang tahu berangkatnya mungkin Sabtu," katanya.

Di twitter, akun @Anna_Masue3 menyampaikan kesaksiannya:

"Dulu, aku pernah bertemu dgn Captain Afwan (pilot Sriwijaya yg nahas). Yg aku ingat dari almarhum, almarhum bersedia dijadwalkan utk terbang pada hari apa saja, asalkan jgn hari Jum'at!

Almarhum hanya tdk ingin melewatkan sholat Jum'at walau sekali saja!"

Lahumul Fatihah...
Baca juga :