Usai Diperiksa 4 Jam Komnas HAM, Tim Dokter RS Polri Yang Autopsi 6 Laskar FPI Bungkam

[PORTAL-ISLAM.ID]   Tim dokter forensik yang melakukan autopsi terhadap jasad 6 orang laskar FPI pengawal Habib Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan di Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) selama empat jam, Kamis (17/12/2020). Begitu selesai, mereka enggan menyampaikan keterangan kepada wartawan.

Pantauan Suara.com, tim dokter itu mendatangi kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.00 WIB. Pemeriksaan selesai sekitar pukul 14.15 dan mereka langsung pergi keluar dari gedung itu.

Begitu ditanya wartawan, tim dokter yang berasal dari Rumah Sakit Polri itu tak mau menjawab sepatahkatapun. Mereka langsung berjalan masuk ke mobil dan langsung pergi meninggalkan gedung.

Komisioner Komnas HAM, Chairul Anam, yang menerima mereka mengatakan tim dokter forensik itu terdiri dari tiga dokter yang melakukan autopsi, pimpinan forensik, dan dari pihak Reskrim Polri. Anam menyebut tim itu memberikan keterangan mengenai proses autopsi yang dilakukan sejak awal jenazah wafat.

"Banyak informasi yang dibuka kepada kami termasuk didalamnya bagaimana prosedur dijalankan, proses dijalankan, dan substansi apa yang mereka lakukan," ujar Anam di lokasi, Kamis (17/12/2020).

Kepada pihak Komnas HAM, Anam mengaku ditunjukan sejumlah foto beserta keterangan kondisi jenazah. Ia juga melakukan pengecekan terhadap berbagai titik yang dianggap janggal oleh sejumlah pihak.

"Kami dapat berbagai informasi soal posisi jenazah baik di posisi Pertama maupun terakhir, kami juga cek, bandingkan kami lihat terus nanti jadi bahan kami untuk menyimpulkannya," jelasnya.

Kendati demikian, Anam menyatakan pihaknya tak bisa menyebutkan adanya bukti yang menunjukan kebenaran dari peristiwa ini. Pihak dokter hanya menyampaikan proses autopsi dari awal sampai sebelum dimakamkan.

"Pengalaman kami ngurusin otopsi pasti dia menjelaskan bagaimana posisi kondisi dan waktu jenazah dan apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka dapatkan, enggak lebih," pungkasnya.[Suara]

[VIDEO - Jejak Luka di 6 Tubuh Laskar FPI yang ditayangkan Mata Najwa tadi malam]
Baca juga :